BERSIN-BERSIN

Di era jaman sekarang ini semakin banyaknya kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas menimbulkan dampak yang kurang bagus,yaitu polusi udara belum lagi asap dari cerobong pabrik yang semakin banyak, udara yang kita hirup makin hari makin tidak bagus, sihingga dapak pada diri kita menimbulkan bersin-bersin

Banyak orang mengaku selalu bersin-bersin di pagi hari. Mereka menduga, bersin di pagi hari adalah efek sinusitis di hidung. Ternyata tidak selamanya demikian, harus hati-hati pasalnya, alergi debu dan udara yang kotor juga memicu kebiasaan ini.

Ada ahli yang menyebutkan Bersin-bersin di pagi hari adalah disebabkan oleh pembuluh darah pada hidung yang sensitif dengan udara dingin pagi hari,apalagi kalau musim hujan ( rhinitis vasomotor).
Ada beberapa orang yang daya tahan tubuhnya relatif rendah di pagi hari, tetapi ada orang dengan daya tahan tubuh yang kuat ,karena memang selama kita tidur di malam hari itu, semua sistem tubuh secara otomatis ikut melambat (dalam keadaan santai), dan keadaan santai ini terus berlanjut sampai kita bangun dan sarapan pagi; setelah sarapan pagi tersebut daya tahan tubuh kita akan ikut bangun sedikit demi sedikit..

Oleh karena itu, selain berkaitan dengan reaksi alergi, daya imun tubuh kita juga harus ditingkatkan untuk mengatasi bersin-bersin dan akhirnya hidung berlendir (flu) Kebiasaan bersin itu, katanya bisa disebabkan beberapa hal, yakni adanya reaksi alergi terhadap suatu alergen misalnya debu di kamar, rumput, dan serbuk sari, bulu binatang maupun udara kotor yang terhirup saat bangun tidur.

Bersin seringkali disebut sebagai gangguan sinusitis. Tetapi dalam kasus tertentu hal itu belum tentu terjadi. Soalnya, pemicu bersin di pagi hari bagi sebagian orang yang tidak menderita sinusutis berbeda. “Bagi penderita alergi, bersin disertai hidung gatal dan mata berair, itu wajar,” katanya.

Adapun penyakit sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus. Peradangan ini bisa akibat flu berkepanjangan dan alergi debu. “Sinusitis juga bisa karena efek bahan kimia seperti semprotan hidung atau inveksi virus dan bakteri,” lanjutnya.

Selain itu, pemilik alergi seperti itu tubuhnya cepat bereaksi pada suhu pagi hari. Hal ini terjadi karena selama tidur suhu tubuh secara alami akan menurun. Selama istirahat itu pula, pernapasannya normal dan debu yang dihidung akan mengendap. Ketika pagi hari tersadar, respons pada debu cukup tinggi yang berakhir bersin-bersin.

Alergi pada suhu dingin maupun alergen penyebab bersin di pagi hari merupakan kondisi tingkat sensitif tubuh yang berlebihan pada alergen tertentu. Hipersensitivitas dari sistem kekebalan tubuh itu merupakan tanda adanya zat yang dinilai tubuh tidak cocok. Ketika sistem kekebalan tubuh mulai terbangun misalnya setelah sarapan atau beranjak siang, respon pada alergen akan hilang.’

 

Sebenarnya bersin – bersin yang sering kita anggap biasa. Jika sudah terlalu sering dan mengganggu kualitas hidup dan aktifitas sehari-hari, maka ada baiknya untuk mencari tahu apa penyebab bersin. Bersin yang disebabkan oleh Rinitis Alergi, tidak bisa dianggap remeh. Sebagai komplikasi dari Rinitis Alergi berupa Asma Bronkial, dimana terdapat kerusakan epitel saluran pernafasan akibat reaksi peradangan yang berkepanjangan.

Rinitis alergi merupakan penyebab tersering dari rinitis. Rinitis didefinisikan sebagai peradangan dari membran hidung yang ditandai dengan gejala kompleks yang terdiri dari kombinasi beberapa gejala berikut : bersin, hidung tersumbat, hidung gatal dan rinore (sekret hidung). Mata, telinga, sinus dan tenggorokan juga dapat terlibat.

Bersin bersin sendiri berdasarkan sifat berlangsungnya dibagi menjadi :

  1. Intermiten (kadang-kadang) : bila gejala kurang dari 4 hari/minggu atau kurang dari 4 minggu
  2. Persisten/menetap bila gejala lebih dari 4 hari/minggu dan atau lebih dari 4 minggu

Sedangkan untuk tingkat berat ringannya penyakit, rinitis alergi dibagi menjadi :

  1. Ringan, bila tidak ditemukan gangguan tidur, gangguan aktifitas harian, bersantai, berolahraga, belajar, bekerja dan hal-hal lain yang mengganggu
  2. Sedang atau berat bila terdapat satu atau lebih dari gangguan tersebut diatas

Proses terjadinya bersin- bersin

alergi merupakan suatu penyakit inflamasi yang diawali dengan tahap sensitisasi dan diikuti dengan reaksi alergi. Reaksi alergi terdiri dari 2 fase yaitu :

  1. Immediate Phase Allergic Reaction atau Reaksi Alergi Fase Cepat
  2. Late Phase Allergic Reaction atau Reaksi Alergi Fase Lambat

Gejala pada bersin-bersin

  1. Keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak
  2. Hidung tersumbat
  3. Hidung dan mata gatal
  4. Terkadang disertai dengan lakrimasi (banyak air mata keluar)

Anjuran

  1. Hindari kontak dengan alergen penyebabnya (avoidance) dan eliminasi. Keduanya merupakan terapi paling ideal. Eliminasi untuk alergen ingestan (alergi makanan).
  2. Simtomatis, terapi dengan obat-obatan seperti antihistamin, kortikosteroid, obat-obat simpatomimetik.

Pengobatan :

Selain dengan cara medis banyak orang menggunakan sarang semut papua, karena  kandungan senyawa tanin serta antioksidan yaitu flavonoid dan tokoferol juga memiliki khasiat untuk mengatasi permasalahan sakit yang berhubungan dengan hidung seperti mimisan, bersin-bersin, dan gangguan alergi hidung.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.