BUAH MERAH LANCARKAN PEREDARAN DARAH

Sering kali kita merasa badan kita terasa pegal-pegal di seluruh tubuh, bisa jadi akibat sirkulasi peredaran darah kita tidak lancer, sirkulasi darah adalah kunci bagi kelangsungan proses di dalam tubuh. Tiap hari, sekitar sembilan ribu liter darah kaya oksigen dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh-pembuluh darah. Motor penggeraknya adalah jantung. Jantung terus memompa darah ke seluruh tubuh. Darah mengalir membawa oksigen, memasok ‘bahan bakar’ agar anggota tubuh dapat berfungsi optimal. Mengingat tugas-nya yang sangat penting, kelancaran sirkulasi darah menjadi sesuatu yang wajib dijaga.

Sirkulasi darah lancar, kerja jantung optimal.
Saat anda bersantai atau beristirahat, bukan berarti jantung juga bersantai. Ia tetap bekerja, berdenyut hingga kira-kira 70 kali per menit dan memompa sekitar 5 liter darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga proses ini, jantung anda membutuhkan suplai oksigen yang stabil.

Saat anda aktif bergerak, jantung berdetak dua kali lebih cepat untuk menyediakan lebih banyak oksigen yang dibutuhkan tubuh. Tentunya jantung pun juga membutuhkan lebih banyak pasokan oksigen.
Inilah Kiat menjaga kelancaran sirkulasi darah

1. Berolahraga rutin
Mulailah dengan berolahraga selama 30 menit secar rutin setiap hari, minimal tiga sampai empat kali seminggu. Bertahap, tingkatkan frekwensi. Yang ringan, misalnya berjalan kaki, sudah cukup untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah.
2. Terapkan pola makanan sehat
Kebiasaan menyantap makanan berlemak dapat menyebabkan tubuh menimbun kolesterol dan memicu aterosklerosis. Hindari makanan tinggi lemak trans dan lemak jenuh. Tingkatkan asupan makanan berserat, sayuran dan buah-buahan.
3. Hindari rokok dan polusi
Rokok mengandung begitu banyak bahan kimia berbahaya. Merokok 4 batang per hari saja bisa meningkatkan resiko serangan jantung hingga 50%. Asap pembakaran dari kendaraan bermotor juga berperan dalam menghambat kelancaran aliran darah.
4. Konsumsi suplemen yang bisa melancarkan sirkulasi darah
Selagi berupaya menyeimbangkan pola hidup, tubuh membutuhkan suplemen yang dapat membantu menunjang kelancaran sirkulasi darah. Yang tergolong aman adalah suplemen herbal, karena mengandung bahan-bahan dari alam.
5. Jaga berat badan ideal
Orang yang kegemukan beresiko tinggi mengalami gangguan sirkulasi darah. Banyak kondisi medis telah dihubungkan dengan kegemukan, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke serta beberapa jenis kanker.
6. Kelola stres
Terbukti, stres erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskular, gangguan tidur, serta sakit sistem otot. Pada sebuah studi di Universitas Milan yang dimuat pada jurnal Hypertension, penderita stres banyak mengalami ketidakteraturan denyut jantung, serupa dengan yang dialami pasien hipertensi dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Dinamika aktivitas tubuh perlu diimbangi dengan kemampuan darah memasok sejumlah oksigen sesuai kebutuhan. Ini hanya bisa dicapai jika pembuluh darah mulus, lentur dan sehat. Sayang sekali, akibat gaya hidup dan pola makan tak sehat, banyak orang menimbun kolesterol ‘jahat’ atau LDL pada dinding pembuluh darah nadi. Akibatnya adalah aterosklerosis.

Seseorang dikatakan mengalami aterosklerosis jika kolesterol dalam tubuh mengendap pada dinding bagian dalam pembuluh darah. Jika endapan ini dibiarkan maka akan membentuk plak. Akibatnya dinding pembuluh darah mengeras dan aliran darah menjadi tidak lancar.

Jantung pun tak bisa lagi memasok oksigen dengan maksimal ke seluruh tubuh. Aterosklerosis bisa mengenai pembuluh darah nadi otak, ginjal, dll. Bila kondisi ini dibiarkan, akibatnya bisa fatal, seperti: serangan jantung, stroke dan gagal ginjal.

Evaluasi resiko anda

Pada umumnya, orang akan berpikir “Jantung saya sehat” sampai gejala-gejala yang janggal mulai muncul. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Karenanya, akan jauh lebih aman bila anda tahu benar apa saja faktor resiko anda sebelum terlambat.

  1. Saya hobi makan enak (makanan berlemak, fastfood, gorengan, makanan manis dan makanan prosesan)
  2. Kadar kolesterol saya di atas 240
  3. Tekanan darah saya di atas 120/80
  4. Saya kelebihan berat badan
  5. Saya tidak rutin berolahraga dan jarang bergerak
  6. Saya seorang perokok
  7. Saya menghisap lebih dari 4 batang rokok sehari
  8. Saya rentan stres
  9. Di keluarga saya terdapat riwayat diabetes
  10. Di keluarga saya terdapat riwayat hipertensi
  11. Di keluarga saya terdapat riwayat serangan jantung

Setiap hari sekitar sembilan ribu liter darah kaya oksigen dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh-pembuluh darah. Bayangkan apa yang akan terjadi apabila peredaran darah tersumbat ? Seseorang dikatakan mengalami aterosklerosis jika kolesterol dalam tubuh mengendap pada dinding bagian dalam pembuluh darah. Jika endapan ini dibiarkan maka akan membentuk plak. Akibatnya dinding pembuluh darah mengeras dan aliran darah menjadi tidak lancar.
Pembuluh yang normal harusnya bersih dan tidak ada endapan lemak sedikitpun, dan bila itu terjadi maka mulailah timbul yang namanya Gangguan Sirkulasi darah yang didapat digolongkan sbb :

  • Pembuluh darah yang penyumbatan tidak banyak tapi mengeras sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Penyumbatan pembuluh darah oleh lemak yang disebut sebagai Arterosklerosis, ada juga penyumbatan pembuluh darah akibat bekuan darah yang disebut Trombosis.
  • Pecahnya pembuluh darah, yang biasanya terjadi karena Tekanan Darah Tinggi (tekanan darah yang naik turun terlalu sering sangat berbahaya)
  • Cara Memperlancar Aliran Peredaran Darah – Memperlancar liran peredaran darah sangat dianjurkan untuk tubuh kita, agar kesehatan tubuh kita juga tetap terjaga, nah bagaimana cara untuk memperlancar peredaran darah, disini gue mencari cara atau solusi untuk memperlancar peredaran darah dan hasilnya gue temukan beberapa cara memperlancar peredaran darah sebagai berikut:dari cara tradisional, gue temukan cara memperlancar peredaran darah yang cukup merepotkan menurut gue, sammpe-sampe gue aja males baca tulisannya hehehe..

    Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah sebagai berikut:
    45 ml biji bunga matahari yang sudah dihaluskan
    45 ml bubur oat medium
    45 ml garam laut kasar
    45 ml kulit jeruk yang sudah diparut
    15 ml kulit lemon yang sudah diparut
    3 tetes minyal essential grape fruit
    minyak almond

    Selanjutnya, campur semua bahan hingga merata (kecuali minyak almond) dan simpan dalam bejana kaca yang tertutup rapat. Nah, pada saat Anda siap melakukan perawatan, ambil 1/5 bagian scrub dan letakkan dalam sebuah mangkuk dangkal. Campurkan dengan minyak almond hingga menjadi semacam pasta. Sekarang buka semua pakaian Anda dan berdirilah di dalam bath tub (atau di kamar mandi). Oleskan campuran bahan tersebut di seluruh tubuh Anda sambil disertai dengan pijatan lembut. Beri perhatian khusus pada area kulit yang kering dan keras, seperti pada sikut, lutut, dan tumit. Jika sudah, bersihkan sisa-sisa scrub yang ada dan mandi atau berendam dengan menggunakan air hangat.

Cara memperlancar peredaran darah melalui fisik

Menjaga tubuh dari gangguan penyakit, juga berarti belajar disiplin hidup. Agar badan dan stamina tetap konstan, perlu suplai zat-zat tubuh atau mineral secara lancar. Kita semua tahu, supaya energi lancar harus diangkut dan disalurkan ke seluruh jaringan tubuh.

Sepertiga dari berat badan adalah cairan. Pada laki-laki dewasa memiliki jumlah darah kira-kira lima liter, sedang pada kaum wanita dewasa empat liter. Darah dalam tubuh manusia merupakan kendaraan angkut satu-satunya. Sebagai pengedar mineral ke jaringan tubuh.

Sport massage sebagian dari cara menjaga kelancaran peredaraan darah. Teknik bentuk pegangan pijat, harus dilakukan secara supel dan kontinyu serta taktis agar dapat merawat pembuluh vena.

Caranya dengan membuka penyumbatan-penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh vena. Merangsang ganglion atau simpul-simpul syaraf dan pusat syaraf, serta mempengaruhi fungsi-fungsi kelenjar.

Sesuai dengan teori massage, tindakan pijat ditujukan untuk melancarkan peredaran darah dan getah bening. Kemudian menghacurkan miyoglosis atau asam susu yang telah menggumpal atau mengeras, di sel-sel otot. Memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Dan menyempurnakan proses pembagian zat-zat makanan ke seluruh tubuh.

Dilihat dari sisi efek negatif, tindakan pijat aman dan alami. Gerakangerakan manipualsi sport massage mampu mendayakan ketahanan tubuh tanpa harus memasukkan obat ke dalam tubuh. Misalnya urat leher tegang, kram betis, hernia, atau turun berok.

Proses penyembuhan setiap pengobatan selalu melalui tahapan-tahapan sesuai tingkat derajat penyakitnya. Sangat berbeda untuk tindakan mencegah atau pembinaan. Dengan kondisi badan baik dan kuat, jaringan-jaringan tubuh akan lebih kuat dalam menangkis segala gangguan penyakit.

Segmen massage bagian dari sport massage yaitu pijat yang dilakukan untuk pertolongan pengobatan atau penyembuhan penyakit. Segmen artinya sepasang batang syaraf yang keluar dari medula spinalis.

Segmen massage berarti pijat yang dilakukan untuk menolong, mengobati atau meringankan gangguan penderitaan seseorang. Caranya dengan melakukan pemijatan pada bagian anggota tubuh yang sakit dan jaringan-jaringan tubuh lainnya yang berhubungan secara langsung.

Tiap bagian anggota tubuh itu dikontrol kerjanya oleh syaraf dan setiap syaraf bekerja di dalam tubuh mempunyai hubungan langsung dengan syaraf-syaraf yang keluar dari medula spinalis. Contoh sakit kepala, migren, vertigo, insomnia, atau hipertensi.

Tidak betul bila hanya merawat pada segmen ini, servikali C1 (ruas leher pertama) tetapi juga harus merawat jaringan bagian anggota tubuh lain yang berhubungan. Misalnya syaraf kepala, otot-otot leher dan bahu. Seperti musculus levator scapulae, musculus rhomboidios mayor minor, musculus supra spinates, musculus infra supinatus.

Bagian anggota tubuh yang dilakukan pemijatan adalah bagian leher, tengkuk, bahu, kepala, dan muka. Dari gerakan-gerakan pemijatan diharapkan dapat menghancurkan sisa-sia pembakaran atau melancarkan proses pembuangan miyoglosis. Serta melancarkan peredaran darah dan getah bening.

Tindakan segmen massage dapat dikerjakan kalau urat-urat pasien dalam keadaan rileks. Tapi bila keadaan otot-otot tegang, terdapat penyumbatan dalam pembuluh vena, lakukan dulu sentuhan pijatan untuk merileksasi tubuh.

Segmentasi bisa dipakai untuk pencegahan atau pengobatan orang dewasa, anak-anak, dan orang tua. Pada anak-anak dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, mendorong pertumbuhan badan menjadi subur dan meningkatkan kecerdasan otak.

Cara memperlancar peredarab darah secara tradisional

Buah merah mengandung tokoferol yang dapat mengencerkan darah dan memperlancar sirkulasi darah sehingga kandungan oksigen dalam darah menjadi normal.

Sumber : diambil dari berbagai macam sumber

Incoming search terms: