CARA MENCEGAH INFLUENZA

Siapa coba, orang di dunia ini yang belum pernah terkena influenza? Penyakit yang sering sekali berjangkit ini bukan termasuk penyakit yang menakutkan, karena pengobatannya termasuk mudah. Padahal, dulunya influenza sempat menjadi momok yang mematikan dan sanggup menghabiskan hampir seluruh warga dari 2 desa. SARS yang tersohor itupun merupakan ulah salah satu turunan virus influenza. Masalahnya jenis virus penyebab flu sangat beragam. Yang diketahui saat ini saja berjumlah lebih dari 100 buah.

Apa Itu Influenza?

Influenza atau yang lebih dikenal dengan flu adalah terbentuknya lendir  yang berlebihan akibat infeksi yang mengenai saluran pernafasan atas yang meliputi hidung dan tenggorokan bagian atas. Tetapi bila berlarut-larut dapat saja merembet ke berbagai penyakit pernafasan lain seperti asma, pneumonia, radang tenggorokan, bronchitis, dll.

Apa Penyebabnya

Influenza sangat menular. Ketika seseorang terserang flu, kemudian batuk, bersin dan berbicara, Ia dapat menyebarkan virus influenza ke udara sehingga dapat menular ke orang lain. Seseorang yang telah terkena virus dapat menyebarkan virus satu hari sebelum Ia merasakan gejala flu timbul sampai tujuh hari setelah gejala timbul.

Setiap orang pada setiap umur dapat terserang influenza, namun penyakit ini lebih cenderung menyerang mereka dengan daya tahan tubuh yang rendah seperti orang lanjut usia atau anak kecil serta mereka yang mempunyai penyakit kronis.

Gejala Kinis

Gejalanya disebut flu like sindrom ( Gejala seperti flu), meliputi demam, pilek, batuk, sakit kepala, lemah badan, nyeri tenggorokan, dan nyeri otot/sendi. Pada sebagian penderita, gejala akan hilang dalam satu atau dua minggu.

Gejala berlarut-larut yang bisa menyebabkan pneumonia, bronchitis, asma, radang tenggorokan, itu prosesnya bagaimana? Pada kebanyakan orang yang terserang influenza dapat sembuh sendiri  setelah 1-2 minggu, namun tidak sedikit  pula orang dapat menderita komplikasi yang lebih berat seperti pneumonia atau bronchitis. Hal ini umumnya terjadi pada orang tua atau orang yang daya tahan tubuhnya kurang sehingga  tubuh tidak mampu melawan virus yang menyerang dan virus yang tadinya hanya  menyerang  saluran nafas bagian atas dapat menyebar ke saluran nafas yang lebih bawah dan menimbulkan gejala klinis yang lebih berat. Pada penderita asma adanya penyakit influenza ini dapat merangsang timbulnya serangan asma apabila tidak segera diobati.

Pengobatan

Pengobatan terbaik untuk influenza adalah banyak beristirahat, banyak minum air putih untuk mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan serta minum obat-obat yang dapat mengurangi gejala seperti obat demam, batuk atau pilek. Karena influenza disebabkan oleh virus maka minum obat antibiotik tidak akan banyak berpengaruh.

Biasanya digunakan paracetamol untuk menurunkan panas, expectorant untuk menghilangkan dahak ditenggorokan serta fenilpropilamin dan ctm  untuk mengurangi produksi sekret yang berebihan.

Pencegahan

Cara terbaik mencegah influenza adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Makan makanan yang bergizi dan mengkonsumsi vitamin C, banyak minum air putih, istirahat cukup, rajin berolahraga, tidak merokok dan minum alkohol, serta menghindari kontak dengan penderita, akan sangat menolong walaupun lingkungan sedang terpapar virus influenza.

Adapun imunisasi yang telah ada saat ini adalah vaksinasi influenza yaitu jenis bakteri hemophilus influenza B yang merupakan penyebab terbanyak terjadinya pneumonia.

Supaya stamina tubuh tetap terjaga dan untuk menjaga vitalitas kita juga dapat mengunsumsi sarang semut papua 2 hari cukup 1 gelas , karena  asli papua ada dugaan bahwa kandungan multimineral serta antioksidan yaitu flavonoid dan tokoferol yang terkandung pada  mampu berperan untuk menambah stamina tubuh dan menjadikan tubuh terasa segar.