CARA MENGATASI KELELAHAN

Jaman seperti sekarang ini manusia saling berlomba untuk mengejar prestasi kerja, tak jarang orang lupa kan kemampuan tubuhnya sendiri dalam beraktifitas yang melampai batas, akhirnya orang tersebut kecapekan, kelelahan, stressing, tak jarang banyak yang jatuh sakit, hal yang paling dirasakan oleh kebanyakan orang adalah rasa lelah

Kenapa lelah ? aktifitas yang maksimal dan orang akan kehilangan cairan tubuh , Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi bisa menyebabkan sederet keluhan, seperti penurunan stamina, hilangnya konsentrasi, pusing atau rasa mual. Orang-orang yang aktif berolahraga termasuk dalam kelompok yang rentan mengalami dehidrasi.

Beberapa penyebab terjadinya dehidrasi pada orang yang aktif berolahraga adalah kurangnya asupan cairan, keluar keringat berlebihan, serta kebiasaan minum hanya pada saat haus.

“Pada mereka yang tergolong aktif, kekurangan cairan bisa mengakibatkan lesu, nyeri persendian dan sakit otot. Jika kelebihan cairannya sudah lebih dari 8 persen, orang tersebut bisa mengalami halusinasi bahkan pingsan,” kata Emilia Achmadi, ahli gizi dari Sehati dalam acara diskusi kesehatan bertajuk Penuhi Kebu­tuhan Hidrasi bagi Pribadi Aktif yang dia­dakan oleh Nes­tle Pure Life di Jakarta beberapa waktu lalu.

Mereka yang ber­olahraga juga bisa kehi­langan cairan tubuh karena intensitas lati­han, suhu, serta keting­gian. Karena itu Emilia menganjurkan agar kita memantau kebu­tuhan hidrasi tubuh sepanjang kegiatan olahraga.

American College of Sport Medicine meng­anjurkan beberapa hal untuk mencegah dehid­rasi, antara lain me­ngonsumsi sekitar sete­ngah liter air 2-3 jam sebelum berolahraga, kemudian minum kem­bali sekitar 250 ml sekitar 10-20 menit sebelum berolahraga, serta minum 250 ml lagi saat berolahraga.

Emilia tidak menganjurkan konsumsi sport drink untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga. “Tidak dianjurkan, kecuali Anda adalah atlet yang berolahraga dengan intensitas tinggi selama lebih dari 2 jam, misalnya atlet maraton atau atlet sepeda,” paparnya.

Demikian juga halnya dengan minuman isotonik. Jika Anda tidak sedang terburu-buru untuk mengganti cairan yang hilang seperti pada pasien diare, Emilia menyarankan agar kita membuat sendiri minuman isotonik.

“Isotonik itu berarti konsentrasinya sama dengan cairan tubuh. Contoh minuman isotonik adalah oralit. Kita bisa membuat sendiri minuman ini dengan mencampurkan 900 ml air, ditambah gula 50 gr, garam 1,5 gram dan irisan lemon,” kata wanita yang setiap harinya mengonsumsi minuman isotonik alami ini.

Begitu haus, sebaiknya segera minum, kalau tidak lama kelamaan tubuh bisa lelah. “Kalau bisa minumlah sebelum haus karena haus merupakan sinyal bahwa tubuh sudah kekurangan cairan,” katanya.

Untuk terapi menghilangkan kelelahan , juga bisa di lakukan beberapa hal di bawah ini

Buat rumah anda nyaman, buka jendela agar cahaya dan udara segar masuk ke dalam rumah. Kondisi lembab dan pengap semakin membuat stamina Anda drop.

Lakukan olahraga ringan kurang lebih 15 menit. Sebelumnya lakukan pemanasan ringan agar otot tidak tegang dan mudah capek. Olahraga ringan dengan jalan kaki mengitari kompleks rumah anda atau menggunakan treadmill bisa menjadi alternatifnya. Selain dapat menjaga tubuh tetap fit, olahraga bisa menjaga kesehatan mental kita. Karena dalam tubuh manusia terdapat sistem hormon endogenus opioid yang bekerja layaknya morphine yang bukan hanya mengurangi rasa nyeri dan memberikan kekuatan mengahadapai kanker saja, tapi juga menambah daya ingat, dan menormalkan tekanan darah. Hormon ini bekerja sesaat setelah kita melakukan olahraga.

Mandi dengan air dingin. Mandi dengan air dingin bisa memperlancar sirkulasi darah. Bila anda senang mandi air hangat, maka disarankan untuk mengakhiri mandi dengan air dingin.

Minum air hangat dengan perasan lemon. Lemon dipercaya bisa membuat tubuh lebih rileks

Cukup sayur dan buah. Kondisi tubuh yang kurang fit akan sangat terbantu bila anda memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Nutrisi ini bisa diperoleh dari sayur dan buah.

Minum air putih 6-8 kali sehari untuk memperlancar metabolisme tubuh. Metabolisme yang bagus membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat-zat yang tidak bermanfaat bagi tubuh dan membuat tubuh sehat.

Konsumsi teh hijau. Teh hijau yang kaya manfaat untuk tubuh bsa membantu mengembalikan stamina tubuh yang drop. Tambahkan madu untuk menambah khasiatnya.

Atur kadar gula darah tetap stabil. Caranya dengan ngemil makanan ringan yang kaya karbohidrat dan protein seperti kacang-kacangan.

Jaga tubuh dalam keadaan rileks. Dengarkan musik favorit bisa membantu menjaga tubuh dan fikiran tetap rileks.

Selain tips-tips di atas mendekatkan diri kepada Sang Pencipta juga bisa membantu memulihkan stamina. Karena fikiran dan hati akan merasa lebih baik bila setelah kita mendekatkan diri kepadaNYA.

Berikut cara alternative yang cepat mengembalikan stamina tubuh:

-Konsumsi makanan berenergi
“Untuk mengembalikan energi secara cepat, maka konsumsilah snack sehat yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks,” ujar Christine Gerbstadt, MD, MPH, RD, juru bicara American Dietetic Association (Asosiasi Dietetik Amerika) yang sekaligus peneliti dari Universitas Drexel di Philadelphia. Anda bisa menemukan karbohidrat kompleks dalam produk gandum.

-Istirahat sejenak
Anda dapat mengatasi kelelahan dengan beristirahat sejenak dan tidak melakukan apa pun, menurut Jon Gordon, konsultan kebugaran di Florida. Sebuah penelitian menemukan bahwa pekerja yang beristirahat 15 menit setelah duduk dua jam di depan komputer memiliki kinerja lebih tinggi, bekerja lebih cepat, dan lebih akurat.

-Mendengarkan musik
Ini adalah salah satu cara termudah untuk menyuplai energi secara instan. Pilih lagu favorit yang biasa Anda dengarkan. Namun hindari lagu metal atau hip hop yang membuat anda ingin bergerak secara aktif.

Penyembuhan rasa lelah bisa juga dengan sarang semut papua karena ada dugaan bahwa kandungan multimineral serta antioksidan yaitu flavonoid dan tokoferol yang terkandung pada sarang semut mampu berperan untuk menambah stamina tubuh dan menjadikan tubuh terasa segar.

 

 

Incoming search terms: