cara mengetahui kelainan atau gangguan pada mata

cara mengetahui kelainan atau gangguan pada mata

manusia mempunyai mata di sebelah kiri serta kanan. kehilangan atau rusaknya di antara bola mata bisa mengganggu penglihatan. sebagian kelainan atau masalah pada mata dan factor pemicunya yaitu seperti berikut. 

1) rabun jauh ( miopi ) 
miopi dikarenakan jarak titik api lensa mata terlampau pendek atau lensa mata terlampau cembung. titik api yaitu pusat pertemuan cahaya yang telah dipecah oleh lensa. lantas, cahaya yang masuk jatuh di depan retina hingga mata tidak bisa lihat benda jauh. 
untuk membantu pasien miopi ( rabun jauh ) mesti menggunakan kacamata dengan lensa cekung ( negatif ). lensa cekung ini dapat meletakkan bayangan pas pada retina.

2 ) rabun dekat ( hipermetropi ) 
rabun dekat dikarenakan lensa mata terlampau pipih. titik api lensa ada di belakang retina hingga mata tidak bisa lihat benda-benda yang dekat. lantas, pasien hipermetropi mesti menggunakan kacamata berlensa cembung. dengan lensa cembung, cahaya yang jatuh di belakang retina dapat dikembalikan pas pada retina. 

3 ) presbiopia ( mata tua ) 
presbiopi yaitu kelainan pada mata yang dikarenakan oleh factor umur hingga daya akomodasi matanya menyusut. pasien ini tidak bisa lihat benda dekat serta tidak bisa lihat benda jauh dengan jelas. pasien ini mesti menggunakan kacamata berlensa cekung serta cembung sekalian.
4 ) astigmatisma 
astigmatisma yaitu kelainan mata yang dise bab kan kelengkungan kornea matanya yang tidak berupa bola hingga sinar-sinar yang masuk tidak terpusat prima. mengakibatkan, benda yang dilihat ada bayangannya. pasien ini bisa dibantu dengan kacamata berlensa silindris.
perihal yang bisa kita kerjakan supaya mata terus sehat, diantaranya seperti berikut. 
a.mengatur jarak baca ( minimal 30 cm ) ; 
b. melihat televisi janganlah terlampau dekat ; 
c. membaca di ruangan yang terang dikarenakan bila kita membaca di area yang kurang terang, pupil mata mu dapat melebar dengan kuat hingga lama kelamaan dapat menyebabkan kelelahan pada mata ; 
d. konsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan vit. a, layaknya wortel.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.