Home » artikel » cara mengetahui sarang semut sebagai obat 1000 penyakit

cara mengetahui sarang semut sebagai obat 1000 penyakit

Juni 3rd, 2013 artikel

cara mengetahui sarang semut sebagai obat 1000 penyakit
sarang semut sudah turun-temurun digunakan sebagai bahan baku ramuan oleh masyarakat pedalaman dibagian barat wamena, papua, layaknya suku bogondini serta tolikara. mereka memakainya untuk meredakan rematik serta asam urat, bila ternak babi mereka sakit, juga diberi air rebusan sarang semut.

papua memanglah gudang sarang semut. sarang semut yang disebut ini yaitu nama sekelompok tumbuhan epifit yang melekat di pohon. grup tumbuhan itu terdiri atas dua genus, yaitu myrmecodia serta hydnophytum, dengan belasan spesies.

umbi ke-2 type tumbuhan itu menggelembung dipenuhi duri tajam. didalam umbi itu ada labirin-labirin yang dihuni semut serta cendawan. daging umbi tanaman tersebut yang diiris tipis-tipis lantas dijemur, untuk jadikan ramuan.

manfaat sarang semut dengan empiris, tidak cuma cespleng mengobati tumor atau kanker spesifik. penyakit lain yang dapat diatasi oleh kerabat kacapiring itu diantaranya bronkitis, masalah tekanan darah, jantung, serta stroke. tidak heran, saat ini beberapa orang mulai menumpukan harapan kesembuhan pada sarang semut.

sarang semut obat 1000 penyakit kenyataan itu cukup beralasan, terlebih banyak peneliti dari jepang sudah membuktikannya melewati beragam uji ataupun kajian ilmiah. dalam uji in vitro, bagian famili rubiaceae itu mempunyai peluang untuk menghimpit perkembangan sel kanker.

yaitu qui kim tran dari university national of ho chi minh city serta koleganya, yaitu yasuhiro tezuka, yuko harimaya, serta arjun hari banskota yang meneliti keampuhan sarang semut. qui mengambil by ki nam ( sebutan di vietnam ) dari tinh bien di provinsi angiang serta lamdong. di negeri lumbung beras itu sarang semut dengan tradisional digunakan untuk menangani bermacam penyakit layaknya diare, hepatitis, keputihan, malaria, serta rematik.

oleh beberapa pakar itu, tumbuhan berbobot 2-3 kg tersebut diekstrak dengan beragam pelarut, layaknya air, metanol, serta campuran metanol-air. mereka lalu menumbuhkan tiga sel kanker yang sangat metastasis dengan kata lain gampang menyebar ke sisi tubuh lain layaknya kanker serviks, paru, serta usus.

tiap-tiap hasil ekstraksi itu diberikan pada tiap-tiap sel kanker. akhirnya mengagumkan, sarang semut memiliki kegiatan antiproliferasi.

dalam dunia kedokteran, proliferasi bermakna perkembangan sel yang sangat cepat serta abnormal. kanker memanglah bermakna perkembangan sel yang cepat serta tidak teratasi.

lalu, apa sesungguhnya senyawa aktif yang dikandung sarang semut ? hasil uji yang dikerjakan dr. muhammad ahkam subroto dari pusat penelitian serta pengembangan bioteknologi, sarang semut memiliki kandungan flavonoid serta tanin.

untuk tubuh, flavonoid berperan sebagai antioksidan yang ampuh menghindar sekalian menangani serangan kanker. mekanisme kerja flavonoid dalam menangani kanker inaktifasi karsinogen, menghalangi siklus sel, serta menginduksi apoptosis. faedah lain flavonoid yaitu meningkatkan air susu ibu ( asi ).

flavonoid memiliki kandungan hormon penting untuk merangsang serta melancarkan asi. disamping itu, nongon ( sebutan sarang semut di lembah baliem, papua ) juga memiliki kandungan tokoferol, zat serupa vit. e yang berefek antioksidan efisien. tokoferol dapat mencegah radikal bebas serta anti kanker.
dapat dibuktikan aman

riset ilmiah lain untuk menguji tingkat keamanan mengonsumsi sarang semut juga dikerjakan dr. muhammad ahkam subroto. ia berikan ekstrak air tumbuhan obat itu pada tiga grup mencit.

dua grup diberi sarang semut dengan dosis berbeda, tengah satu grup kontrol tidak diberi ekstrak. tiap-tiap grup mencit terdiri atas 10 ekor, 5 jantan serta 5 betina berusia 3 bln., berbobot 16 gram.

akhirnya, sampai hari kelima pemberian ekstrak sarang semut belum merubah kinerja ginjal, hati, jantung, limpa, organ reproduksi, serta paru. berarti, keenam organ itu tetap berperan normal. pada hari ke-12 organ mencit grup i serta ii tidak ada pergantian apabila dibanding dengan grup kontrol.

tetapi, pada ginjal grup iii berlangsung degenerasi serta lisis pada sel epitel tubuli. sesaat itu, ginjal grup i serta ii baru alami degenerasi pada hari ke-19. pada hari yang sama, hati seluruh grup melemak.

cuma dua organ tersebut yang alami masalah, sesaat empat organ lain terus berperan dengan baik.

yang menggembirakan, rusaknya ginjal serta hati berbentuk reversibel dengan kata lain sembuh kembali pada hari ke-23. itu bermakna daya tahan sel telah beradaptasi. penelitian itu sekalian menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 kali sendok makan sarang semut /hari tetap amat aman.

sekarang ini di pasaran banyak dijual product ramuan memiliki bahan basic sarang semut, umumnya dalam bentuk serbuk ataupun kapsul. sayang, harga nya untuk beberapa besar orang, tidaklah murah. serbuk sarang semut seberat 100 gram harga nya berkisar 100 ribu rupiah.
dengan makin banyaknya budi daya sarang semut, semoga harga nya dapat semakin terjangkau.

janganlah terlampau lama merebusnya

tak hanya di papua, tempat tinggal semut ( sebutan di semenanjung malaysia ) bisa didapati terlebih di hutan-hutan dataran rendah, layaknya di pulau siberut, kalimantan, sampai maluku.

langkah minum sarang semut serta menyajikannya yang sudah diolah jadi serbuk :

tuang satu sendok makan penuh bubuk sarang semut ke dalam panci diisi air bersih lebih kurang 1/2 liter ( 2 gelas ), lantas direbus.
janganlah terlampau lama merebus sarang semut, supaya flavonoidnya tidak rusak. perebusan pada suhu 90 derajat celsius cuma bisa sepanjang 15 menit.
sesudah mendidih, kecilkan api sembari diaduk sesekali sepanjang lebih kurang 15 menit ( 2 gelas jadi gelas ).
biarlah sampai hangat atau dingin, lantas saring serta minum ( buang ampasnya ).
untuk penyembuhan, minumlah dengan teratur 2-3 gelas 1 hari.
untuk pencegahan serta menambah stamina, minumlah 1-2 gelas 1 hari.
dosis untuk anak-anak umur di bawah 10 tahun, 1/2 dari takaran orang dewasa.
yakinkan tiap-tiap takaran cuma untuk satu kali penggunaan. baiknya pakai panci yang betul-betul bersih serta memiliki bahan baku stainless steel.

saat ini kami ada untuk mempermudah anda mendapatkan sarang semut asli papua yang kaya dapat faedah.

comments
Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Related Post to cara mengetahui sarang semut sebagai obat 1000 penyakit

cara mengetahui sarang semut sebagai obat 1000 penyakit

Juni 3, 2013
cara mengetahui sarang semut sebagai obat 1000 penyakit sarang semut sudah turun-temurun digunakan sebagai bahan baku ramuan oleh masyarakat pedalaman dibagian barat wamena, papua,...

MININGKATKAN STAMINA PRIA

Oktober 26, 2012
Mempunyai daya vitalitas yang tinggi merupakan dambaan pria dewasa, seorang lelaki akan percaya diri bila mampu menunjukan vitalitas yang kuat di hadapan pasangannya ,...

MENINGKATKAN KESUBURAN MELALUI SARI BUAH MERAH ASLI PAPUA

November 26, 2012
Kesuburan seorang wanita sangat di butuhkan atau diidamkan seorang wanita, kunci keharmonisan rumah tangga salah satunya mempunyai anak atau ada si kecil bersamnya, anda...

KOLESTEROL/HIPERLIPIDEMIA

Maret 1, 2013
Apakah sebenarnya kolesterol itu? Apa bedanya dengan lemak, kaitannya dengan jantung koroner, kegemukan, minyak goreng jenuh/tak jenuh, dan lain-lain yang sering kita dengar? Munkin...


Switch to our mobile site