KALSIUM

Tubuh manusia selain memerlukan vitamin dan mineral juga memerlukan kalsium, Kalsium adalah sebuah elemen kimia dengan simbol Ca dan nomor atom 20. Mempunyai massa atom 40.078 amu. Kalsium merupakan salah satu logam alkali tanah, dan merupakan elemen terabaikan kelima terbanyak di bumi. Kalsium juga merupakan ion terabaikan kelima terbanyak di air laut dilihat dari segi molaritas dan massanya, setelah natrium, klorida, magnesium, dan sulfat.

Kalsium adalah unsur paling berlimpah kelima oleh massa dalam tubuh manusia, di mana itu adalah utusan ionik umum seluler dengan banyak fungsi, dan berfungsi juga sebagai elemen struktural dalam tulang. Ini adalah kalsium bernomor atom relatif tinggi dalam kerangka yang menyebabkan tulang menjadi radio-opak. Dari komponen padat tubuh manusia setelah pengeringan dan pembakaran organik (seperti misalnya, setelah kremasi), sekitar sepertiga dari total massa “mineral” yang tersisa, adalah kilogram sekitar satu kalsium yang menyusun kerangka rata-rata (sisanya yang sebagian besar fosfor dan oksigen).

Sebagai bahan utama yang digunakan dalam mineralisasi tulang dan kerang, kalsium adalah logam paling berlimpah oleh massa di banyak hewan. Garam kalsium tidak berwarna dari setiap kontribusi kalsium, dan solusi ion kalsium (Ca 2 +) yang berwarna juga. Banyak garam kalsium yang tidak larut dalam air. Ketika dalam larutan, ion kalsium dengan selera manusia sangat bervariasi, yang dilaporkan sebagai sedikit asin, asam “mineral seperti”, atau bahkan “menenangkan.” Hal ini jelas bahwa banyak hewan bisa merasakan, atau mengembangkan rasa, untuk kalsium, dan menggunakan akal ini untuk mendeteksi mineral dalam menjilati garam atau sumber lain. Dalam gizi manusia, garam kalsium larut dapat ditambahkan ke jus tart tanpa efek banyak langit-langit rata-rata.

Apa masalah yang bisa kita dapatkan jika kekurangan kalsium? Menurut data yang dikeluarkan WHO, kekurangan kalsium bisa menyebabkan 200 jenis penyakit. Memang untuk ukuran Indonesia, terlebih harga susu yang sangat mahal, kebutuhan akan 1.000 miligram kalsium sangat sulit untuk dipenuhi. Maka dari itu, tidak aneh apabila sebagian besar masyarakat Indonesia kekurangan kalsium.

Kekurangan kalsium jelas menjadi masalah bagi tubuh terutama tulang. Pertumbuhan tulang menurut beberapa peneliti hanya bisa terjadi sampai di usia 20 tahun. Padahal remaja seumuran itu justu berhenti mengkonsumsi susu. Di Indonesia, kebiasaan minum susu hanya terjadi pada masa bayi dan balita saja. Setelah itu, mayoritas masyarakat Indonesia tidak peduli akan pentingnya konsumsi kalsium ini.

Penyakit akibat kekurangan kalsium

Seperti yang disebutkan diatas, kekurangan kalsium bisa menyebabkan 200 jenis penyakit. Beberapa penyakit yang mungkin timbul diantaranya adalah:

Nyeri otot tulang

Kekurangan kalsium menyebabkan pergerakan yang tidak normal pada seluruh otot licin dan otot jantung, sehinga tubuh kehilangan kelincahan, pengendalian keseimbangan, gerakan dan kemampuan koordinasi. Gerakan tubuh ditentukan oleh stimulasi otot tulang, sementara rangsangan otot tulang timbul karena peran kalsium yang sangat penting. Jika asupan kalsium dalam tubuh tidak memadai, maka akan terjadi nyeri pada otot tulang.

Daya ingat berkurang

Ion kalsium berperan penting dalam proses pengeluaran dan pengiriman sinyal syaraf. Rangsangan pada syaraf otak besar berhubungan erat dengan transmisi ion kalsium di dalam dan diluar neuron. Ketika organisme kekurangan kalsium, dendosignal syaraf juga mengalami hambatan mekanisme rangsangan dalam tubuh manusia juga mengalami kerudakan. Gejala pada anak anak mudah kaget, menangis di malam hari, resah, sulit tidur dan super aktif.

Ganguan dalam jantung

Jantung mengemban tugas untuk mempertahankan nyawa. Meski hanya sebesar kepalan tangan, jantung mampu mengantarkan darah setiap saat kesetiap sel dalam tubuh. Kemampuan ini berasal dari konstraksi otot jantung secara terus menerus. Padahal konstraksi dan ekspansi jantung serta penyimpanan dan pengunaan energinya tidak lepas dari pengaruh kalsium.

Kekebalan tubuh berkurang

Kekuranan kalsium mampu memicu terjadinya penurunan kekebalan tubuh. Karena dengan kekurangan imunitas tubuh terhadap serangan penyakit, maka dengan sangat mudah terjangkit berbagai penyakit yang seharusnya bisa ditangkal oleh system kekebalan tubuh.

Keropos tulang/osteoporosis

Kalsium dalam tubuh berperan sebagai elemen ang memberi kekerasan pada tulang. Oleh karena itu, kalsium mampu membentuk kerangka yang mampu menanggung berat badan. Jika dalam tulang tidak terdapat endapan kalsium yang cukup, maka akan terjadi kekacauan dalam metabolisme sel tulang, hingga volume tulang berkurang.

Akibat kekurangan kalsium dapat menimbulkan bebrapa penyakit seperti disebutkan di atas. Maka dari itu mulailah menkonsumsi kalsium demi menjaga tubuh anda dari penyakit. Anda dapat memperoleh kalsium tidak hanya dari susu saja, sayuran hijau seperti bayam, brokoli dam sawi, ikan teri kering udang kering, tahu kacang-kancangan, salmon, sardine merupakan makanan yang mengandung kalsium yang berguna bagi tubuh anda.

Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.

Berikut beberapa manfaat kalsium bagi manusia:

  1. Mengaktifkan saraf
  2. Melancarkan peredaran darah
  3. Melenturkan otot
  4. Menormalkan tekanan darah
  5. Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik
  6. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
  7. Memulihkan gairah seks yang menurun/melemah
  8. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  9. Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
  10. Mencegah osteoporosis (keropos tulang)
  11.  Mencegah penyakit jantung
  12. Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
  13. Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)
  14. Menurunkan risiko kanker usus
  15. Mengatasi keluhan saat haid dan menopause
  16. Mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan

Setelah umur 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun. Dan setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan akan mencapai 50% ketika mencapai umur 70 tahun dan seterusnya mengalami masalah kekurangan kalsium.

Gejala awal kekurangan kalsium adalah seperti lesu, banyak keringat, gelisah, sesak napas, menurunnya daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, sembelit, berak-berak, insomnia, kram, dan sebagainya.

Kalsium adalah unsur kimia dengan simbol dan Ca nomor atom 20. Ini memiliki massa atom 40,078 Amu. Kalsium adalah logam alkali tanah yang lunak berwarna abu-abu, dan merupakan unsur yang paling berlimpah kelima massa di kerak bumi.

Kalsium, dengan kerapatan 1,55 g / cm 3, adalah yang paling ringan dari logam alkali tanah; magnesium (gravitasi spesifik 1,74) dan berilium (1,84) lebih padat, meskipun lebih ringan dalam massa atom. Dari seterusnya strontium, logam-logam alkali menjadi lebih padat dengan massa atom meningkat.

Kalsium juga ion terlarut kelima paling melimpah di air laut baik oleh molaritas dan massa, setelah natrium, klorida, magnesium, dan sulfat.

Kalsium sangat penting untuk organisme hidup, terutama dalam fisiologi sel, di mana pergerakan ion kalsium Ca 2 + ke dalam dan keluar dari fungsi sitoplasma sebagai sinyal untuk banyak proses seluler.

Kalsium tidak alami ditemukan dalam keadaan unsurnya. Kalsium terjadi paling sering pada batuan sedimen di kalsit mineral, dolomit dan gipsum. Hal ini juga terjadi pada batuan beku dan metamorf terutama dalam mineral silikat: plagioklas, amphiboles, pyroxenes dan garnet.

Beberapa fakta penting mengenai kalsium yang perlu Anda ketahui:

Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat didalam tubuh manusia. Kira-kira 99% kalsium terdapat di dalam jaringan keras yaitu pada tulang dan gigi. 1% kalsium terdapat pada darah, dan jaringan lunak. Tanpa kalsium yang 1% ini, otot akan mengalami gangguan kontraksi, darah akan sulit membeku, transmisi saraf terganggu, dan sebagainya.

Untuk memenuhi 1% kebutuhan ini, tubuh mengambilnya dari makanan yang dimakan atau dari tulang. Apabila makanan yang dimakan tidak dapat memenuhi kebutuhan, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang. Sehingga tulang dapat dikatakan sebagai cadangan kalsium tubuh. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, maka tulang akan mengalami pengeroposan tulang.

Para peneliti juga menemukan bahwa laki-laki dan perempuan selama masa transisi remaja menuju dewasa awal hanya mengkonsumsi kalsium sekitar 153 miligram dan 194 miligram. Kadar konsumsi tersebut jelas jauh di bawah batas ideal konsumsi kalsium manusia yang ditetapkan World Health Organization yakni 1.300 miligram (usia 9-18 tahun), 1.000 miligram (19-50 tahun), dan 1.200 miligram (di atas 51Kalsium adalah mineral yang paling banyak diperlukan oleh tubuh.

Kebutuhan harian kalsium adalah 800 mg untuk dewasa di atas 25 tahun dan 1.000 mg setelah usia 50 tahun. Ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari. Kebutuhan kalsium anak-anak dan remaja meningkat sesuai usia:

  1. Bayi berumur s.d. 5 bulan : 400 mg
  2. Bayi 6 bulan s.d. 1 tahun : 600 mg
  3. Anak usia 1 s.d. 10 tahun : 800 mg

Manfaat kalsium bagi tubuh, antara lain:

1.    Pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Anak-anak memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang anak tidak sempurna dan menderita penyakit rickets. Orang dewasa membutuhkan kalsium untuk terus-menerus meremajakan sistem tulang dan giginya.

2.         Melancarkan fungsi otot, otak dan sistem syaraf. Otot, otak dan sistem syaraf membutuhkan kalsium agar dapat berfungsi optimal. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan spasme (kejang) otot dan gangguan fungsi otak dan sistem syaraf.Mineral di tulang dan gigi kita tergantikan 100% setiap tujuh tahun sekali.

3.         Penyimpanan glikogen. Kalsium berperan dalam proses penyimpanan glikogen. Bila tidak ada kalsium, tubuh akan merasa lapar terus-menerus karena tidak dapat menyimpan glikogen.

4.         Mencegah osteoporosis. Bila tidak mendapat cukup kalsium dari makanan, tubuh akan mengambilnya dari “bank kalsium” pada tangan, kaki dan tulang panjang lainnya. Kekurangan konsumsi kalsium dalam waktu lama akan mengakibatkan tubuh mengambilnya langsung dari tulang-tulang padat. Hal ini mengakibatkan tulang keropos dan mudah patah (osteoporosis). Bila seorang wanita dari umur 20 tahun setiap harinya mengkonsumsi kalsium 400 mg lebih rendah daripada yang dibutuhkan, pada umur 55 tahun tulangnya keropos 1/3 bagiannya.

5.         Minum berlebihan dan olahraga berat dapat membuang banyak kalsium dan magnesium dari tubuh. Tambahkan konsumsi kalsium setelah bekerja dan berolah raga berat. Jangan minum berlebihan.

6.         suplemen kalsium biasanya tidak dibutuhkan bila konsumsi harian Anda cukup mengandung makanan yang kaya kalsium. Berikut adalah beberapa porsi makanan dan kandungan kalsiumnya:

  • Susu satu cangkir (350 mg)
  • Segelas jus jeruk (290 mg)
  • Satu kerat keju (200 – 250 mg)
  • Sepotong pizza (230 mg)
  • Sekaleng sarden (185 mg)
  • Setangkup es krim (90 mg)
  • Secangkir brokoli (76 mg)
  • Sepotong besar tahu/tempe (258 mg)

Ketika jantung mengerut dan mengembang, ion kalsium mengatur ritme nya, mineral kalsium masuk ke dalam sel otot jantung, dan akan mengaktifkan protein yang menyebabakan gerakan dari otot jantung dan membuat otot  mengembang terus menerus  dan membuat kita tetap hidup. Kekurangan kalsium akan melemahkan jantung dan sebabkan berbagai penyakit jantung

Hal yang penting tentang kalsium

1.   ternyata komponen kalsium berada di ujung depan sperma dan kalsium inilah yang membantu sperma masuk ke dalam membrane sel telur. Ketika  sperma mencapai sel ovum, maka pembuahan akan dapat terjadi. Selanjut nya kalsium juga berperan untuk menciptakan getaran yang merangsang ovum untuk mampu terjadinya pembuahan ( fertilisasi )

2.  bahwa penderita diabetes sangat kekurangan kalsium. Melalui urin , selain gula sejumlah kalsium juga di buang. Kekurangan kalsium  memeperkuat gejala diabetes. Karena 60% penderita diabetes menderita oesteporosis. Penderita diabetes memperhatikan penyediaan kalsium untuk mengembalikan fungsi vital organ ya terutama pangkreas

3.  ibu hamil memerlukan double kebutuhan kalsium,  bayi atau anak yg kekurangan kalsium akan terhambat  pertumbuhannya, daya  tahan tubuh  lemah bahkan dapat memperngaruhi kecerdasan nya. Ibu hamil dan meyususi  sangat memerlukan kalsium karena banyak kalsium dari tubuhnya yang di ambil

4.  bahwa rematik,kram ,sakit pinggang itu di karenakan kekurangan ion kalsium, Stimulasi gerak otot  kerangka di gerakan oleh ion kalsium begitu juga pemadatan dan perengangan otot kerangka. Kalsium membantu semua pergerakan tubuh, kepadatan kalsium merupakan standar dasar yang mengatur  kontraksi otot dan merengang dan bergerak.

5.   bahwa kalsium berperan sangat penting untuk proses pelepasan neurotransmitter dan sangat di butuhkan untuk pengaktifan dan pengistirahatan pesan ke otak. Ketika tubuh kekurangan kalsium , pelepasan saraf  pesan akan terhambat dan mekanisme pengaktifan  atau pengistirahatnya juga akan rusak . Sebagai akibat nya adalah kurang tidur nyenyak, gejala insomnia, hyperaktif, pikun

6. bahwa kekurangan kalsium juga memicu  tekanan darah tinggi  dan penyempitan pembuluh darah. Ketika kekurangan  otomatis tubuh mengambil nya dari dalam tulang dan masuk ke dalam darah. Peleburan kalsium dari tulang bisa mengakibatkan kalsium yang terlepas menangkap lemakdi pembuluh darahsehingga pembuluh menjadi menebal dan keras, sehingga kekurangan elastisitas menyebabkan terjadi nya tekanan darah tinggi dan penyakit pembuluh darah jantung dan otak

7.   bahwa ion kalsium dalam darah berfungsi sebagai alarm tanda bahaya apabila tubuh kita terserang kuman asing, virus , racun, atau berbagai serangan penyakit  masuk ke dalam tubuh . Dan Ion kalsium yang memerintah kan  system kekebalan tubuh untuk bereaksi dan menaklukan  musuh  dan menghancurkan nya. Orang yg kekurangan kalsium , otomatis system  kekebalan tubuh nya akan kacau dan terrganggu

AKIBAT KEKURANGAN KALSIUM

  1. Pada wanita hamil : gigi linu, sakit punggung pinggang ngilu, mual, insomnia dan keram
  2. Masa menyusui : gigi sakit, linu, sakit pinggang,
  3. Pengeroposan tulang (osteoporosis), tulang mudah patah
  4. Masa pertumbuhan : pertumbuhan terlambat,
  5. Menurunnya kekebalan tubuh (imunitas),  pertumbuhan tulang tidak baik, kebusukan gigi.
  6. Orang dewasa : keram otot, tegang, dan sulit tidur, jantung berdebar tidak normal, badan pegal.
  7. Menopouse : sakit pinggang, insomnia, tegang, suasana hati tidak baik.
  8. Manula : Insomnia, osteoporosis, tulang mudah patah, tinggi badan menyusut.

SIAPA YANG MEMERLUKANNYA?

Manula, bayi, anak dalam masa pertumbuhan,  ibu hamil dan menyusui, remaja yang suka memilih makanan

  1. Sedang menjalani diet.
  2. Vegetarian.
  3. Mengalami kelemahan tubuh.
  4. Ketika fungsi penyerapan pada saluran pencernaan kurang baik.
  5. Mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis).
  6. Dalam masa penyembuhan dari patah tulang.

Dan ternyata sarang semut asli papua selain mengandung flavonoid dan unsure-unsur yang lain juga mengandung tingkat kalsium yang tinggi untuk pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit

Incoming search terms: