kandungan dalam sarang semut asli papua

kandungan dalam sarang semut asli papua

uji penapisan kimia dari tumbuhan sarang semut tunjukkan bahwa tumbuhan ini memiliki kandungan senyawa-senyawa kimia dari golongan flavonoid serta tanin. perihal ini sesuai dengan hasil penelitian yang sudah dikerjakan oleh beberapa peneliti yang pelajari golongan senyawa ini dalam kaitannya dengan sistem pertahanan diri tumbuhan sarang semut.

flavonoid merupakan golongan senyawa bahan alam dari senyawa fenolik yang banyak merupakan pigmen tumbuhan. sekarang ini kian lebih 6. 000 senyawa yang tidak sama masuk ke dalam golongan flavonoid. flavonoid merupakan sisi penting dari diet manusia dikarenakan banyak faedahnya untuk kesehatan.

manfaat umumnya flavonoid dalam tubuh manusia yaitu sebagai antioksidan hingga amat baik untuk pencegahan kanker. faedah flavonoid diantaranya yaitu membuat perlindungan susunan sel, mempunyai hubungan sinergis dengan vit. c ( menambah efektivitas vit. c ), antiinflamasi, menghindar keropos tulang, serta sebagai antibiotik.dalam banyak masalah, flavonoid bisa bertindak dengan segera sebagai antibiotik ganggu manfaat dari mikroorganisme layaknya bakteri atau virus. manfaat flavonoid sebagai antivirus sudah banyak dipublikasikan, terhitung untuk virus hiv ( aids ) serta virus herpes.

disamping itu, flavonoid juga dilaporkan bertindak dalam pencegahan serta penyembuhan sebagian penyakit lain layaknya asma, katarak, diabetes, encok/rematik, migrain, wasir, serta periodontitis ( radang jaringan ikat penyangga akar gigi ). penelitian¬-penelitian mutakhir sudah mengungkap manfaat-fungsi lain dari flavonoid, tidak saja untuk pencegahan, namun juga untuk pengobatankanker.banyak mekanisme kerja dari flavonoid yang telah terungkap, contohnya inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis serta diferensiasi, inhibisi angiogenesis, dan pembalikan resistensi multi-obat atau gabungan dari mekanisme-mekanisme tersebut. kekuatan sarang semut dengan empiris untuk penyembuhan beragam type kanker atautumor, tbc, serta encok/rematik dianggap kuat terkait dengan kandungan flavonoid sarang semut.

no parameter satuan nilai

  1. energi kkal/100 g 350, 52
  2. kadar air g/100 g 4, 54
  3. kadar abu g/100 g 11, 13
  4.  kadar lemak g/100 g 2, 64
  5. kadar protein g/100 g 2, 75
  6.  kadar karbohidrat g/100 g 78, 94
  7.  tokoferol mg/100 g 31, 34
  8.  total fenol g/100 g 0, 25
  9.  kalsium ( ca ) g/100 g 0. 37
  10.  natrium ( na ) mg/100 g 68, 58
  11.  kalium ( k ) g/100 g 3, 61
  12. seng ( zn ) mg/100 g 1, 36
  13. besi ( fe ) mg/100 g 29, 24
  14. fosfor ( p ) g/100 g 0, 99
  15. magnesium ( mg ) g/100 g 1, 50

tanin merupakan astrigen, polifenol tanaman berasa pahit yang bisa mengikat serta mengendapkan protein. biasanya tanin dipakai untuk aplikasi di bidang penyembuhan, contohnya untuk penyembuhan diare, hemostatik ( menghentikan pendarahan ), serta wasir. kekuatan sarang semut dengan empiris untuk penyembuhan ambeien ( wasir ) serta mimisan dianggap kuat terkait dengan kandungan taninnya.layaknya dalam tabel diatas tumbuhan sarang semut kaya dapat antioksidan tokoferol ( vit. e ) lebih kurang 313 ppm serta sebagian mineral penting untuk tubuh layaknya kalsium, natrium, kalium, seng, besi, fosfor, serta magnesium.kajian antioksidan dari ekstrak kasar tumbuhan sarang semut gunakan metode dpph ( , 1-difenil-2-pikrilhidrazil ) tunjukkan bahwa ekstrak tersebut mempunyai kegiatan antioksidan tengah, yakni didapatkan nilai ic50 sebesar 48, 6 ppm. sesaat alfa¬tokoferol yang disebut antioksidan kuat dengan nilai ic50 didapatkan angka sebesar 5, ppm. ic50 merupakan konsentrasi dari antioksidan yang bisa meredam atau menghalangi 50% radikal bebas.makin kecil nilai ic50 dari satu antioksidan maka makin kuat antioksidan tersebut. alfa-tokoferol pada konsentrasi 12 ppm sudah dapat meredam radikal bebas sejumlah 96% serta persentase inhibisi ini terus konstan untuk konsentrasi¬ yang lebih tinggi dari 12 ppm. hasil penelitian ini memiliki arti bahwa alfa-tokoferol pada konsentrasi rendah lalu sudah mempunyai kegiatan peredam radikal bebas sampai mendekati 100%.

 

 

dalam sistem metabolisme tubuh, kalsium berperan dalam kerja jantung, impuls saraf, serta pembekuan darah. besi berperan dalam pembentukan hemoglobin, transpor oksigen, aktivator enzim. fosfor berperan dalam penyerapan kalsium serta produksi daya. natrium mempunyai fungsi dalam kesetimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, serta impuls saraf.

 

 

kalium berperan dalam ritme jantung, impuls saraf, serta keseimbangan asam-basa. sengmemiliki manfaat dalam sintesis protein, manfaat seksual, penyimpanan insulin, metabolisme karbohidrat, serta pengobatan luka. sesaat magnesium mempunyai fungsi dalam manfaat tulang, hati, otot, transfer air intraseluler, keseimbangan basa, serta kegiatan neuromuskuler.

 

 

manfaat-fungsi mineral tersebut bisa menjelaskan sebagian manfaat lain dari sarang semut, contohnya manfaatnya saat membantu menangani beragam jenis penyakit/gangguan jantung, melancarkan haid serta menyembuhkan keputihan, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan migrain ( sakit kepala sebelah ), masalah manfaat ginjal serta prostat, memulihkan kesegaran serta stamina tubuh, dan memulihkan gairah seksual.

 

 

hasil kajian penghambatan kegiatan enzim xanthine oxidase oleh ekstrak tumbuhan sarang semut tunjukkan bahwa ekstrak tumbuhan ini bisa menghalangi kegiatan enzim xanthine oxidase dengan kegiatan yang setara dengan allopurinol, obat komersial yang dipakai untuk penyembuhan asam urat.

 

 

dianggap senyawa inhibitor xanthine oxidase yang bertanggung jawab saat mekanisme ini yaitu senyawa dari golongan flavonoid. fenomena ini yang kemungkinan bisa memperkuat manfaattumbuhan sarang semut untuk penyembuhan rematik yang sudah dapat dibuktikan dengan empiris