MANFAAT BUAH MERAH PAPUA BAGI DIABETES MILLITUS

Kencing manis (diabetes mellitus) adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni. Pengaturan gula darah oleh tubuh dilakukan dengan bantuan hormon insulin yang berasal dari pankreas. Diabetes terdiri dari dua jenis:

Diabetes karena tubuh tidak memproduksi insulin sehingga penderita harus disuntik insulin setiap hari untuk mengendalikan kadar gula darah. Diabetes tipe 1 terjadi pada anak-anak dan remaja dan perkembangannya berlangsung cepat.

Tipe 2:

Pada diabetes tipe 2, pankreas memproduksi insulin, namun sel-sel tubuh tidak meresponnya secara normal. Jenis diabetes ini biasanya terkait dengan kegemukan dan beberapa kasus kehamilan serta baru berjangkit pada usia di atas 40 tahun.

Kadar gula darah tinggi secara lambat laun akan mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dan saraf yang mengakibatkan gangguan fungsi mata, ginjal dan saraf serta meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan impotensi.

Gejala diabetes

Pada diabetes tipe 2, kontrol gula darah dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup dan pola makan. Menurut berbagai penelitian, perubahan tersebut terbukti efektif menekan risiko diabetes. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyadari bila diabetes sudah ada dalam diri Anda. Sekitar 8.6% penduduk Indonesia menurut WHO mengidap diabetes, sayangnya banyak yang tidak menyadari sampai kasusnya menjadi kronis.

Seseorang dikatakan menderita diabetes bila kadar gula dalam darahnya di atas 126 mg/dl (puasa) atau 200 mg/dl (tidak puasa). Namun, kebanyakan gejala diabetes baru terlihat bila gula darah sudah di atas 270 mg/dl. Jangan mengandalkan gejala untuk mengetahui kehadiran diabetes. Satu-satunya cara yang akurat untuk mengetahuinya adalah dengan tes darah dan urin.

Gejala atau tanda-tanda diabetes yang umum terjadi adalah:

  • Dehidrasi
  • Rasa haus terus-menerus
  • Peningkatan frekuensi kencing
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan
  • Gangguan penglihatan
  • Penyembuhan luka yang lama

Catatan:

Pengukuran konsentrasi gula darah dilakukan dengan dua metode yaitu berdasarkan berat (mg/dl) dan jumlah molekul (mol/ml). Konversi dari mg/dl ke mol/ml adalah dengan membagi 18. Misalnya, 200 mg/dl sama dengan 11.1 mol/ml.

Pengobatan tradisional untuk kencing manis >> Ace Maxs Pengobatan tradisional untuk kencing manis, terbuat dari paduan ekstrak manggis dan daun sirsak. Ampuh atasi kencing manis!, banyak penelitian membuktikan bahwa bahan alami seperti kulit manggis,daun sirsak dan bunga rosela  sangat ampuh dalam mengatasi penyakit kronsis seperti kanker, stroke, darah tinggi dan juga sudah terbukti ampuh sebagai pengobatan tradisional untuk kencing manis yang aman dan murah harganya.

Sebelum lebih jauh membahas pengobatan tradisional untuk kencing manis alangkah baiknya kita membahas tentang penyakit kencing manis terlebih dahulu.

Sekilas tentang penyakit kencing manis (diabetes melitus)

Penyakit kencing manis atau diabetes melitus istilah medisnya, adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara adekuat.
Kadar gula darah sepanjang hari bervariasi, meningkat setelah makan dan kembali normal dalam waktu 2 jam. Kadar gula darah yang normal pada pagi hari setelah malam sebelumnya berpuasa adalah 70-110 mg/dL darah. Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg/dL pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lainnya.

Kadar gula darah yang normal cenderung meningkat secara ringan tetapi progresif setelah usia 50 tahun, terutama pada orang-orang yang tidak aktif.

Insulin adalah hormon yang dilepaskan oleh pankreas, merupakan zat utama yang bertanggungjawab dalam mempertahankan kadar gula darah yang tepat.
Insulin menyebabkan gula berpindah ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energi atau disimpan sebagai cadangan energi.

Peningkatan kadar gula darah setelah makan atau minum merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah yang lebih lanjut dan menyebabkan kadar gula darah menurun secara perlahan. Pada saat melakukan aktivitas fisik kadar gula darah juga bisa menurun karena otot menggunakan glukosa untuk energi.

Pengobatan tradisional untuk kencing manis

Pengobatan tradisional untuk kencing manis dengan obat herbal ace maxs merupakan langkah baru dalam dunia pengobatan diabetes. Kandungan daun sirsak, kulit manggis dan  bahan alami lainnya dipercaya dan telah terbukti atasi penyakit kencing manis atau diabetes.

Penyakit ini disebabkan karena kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang memadai. Akibatnya, kandungan gula dalam darah meningkat.

Kandungan tokoferol dalam buah merah memperbaiki kerja pankreas sehingga fungsi pankreas menjadi normal kembali.

Diabetes Mellitus (DM) atau pada bahasa awam dikenal dengan nama kencing manis adalah suatu penyakit yang disebabkan karena adanya peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah akibat kekurangan insulin. Jika serangga mengerumuni air seni penderita diabetes, hal ini menunjukkan adanya kaar gula yang tinggi dalam air seni itu. Itu sebabnya diabetes sering disebut sebagai penyakit kencing manis.

Setiap makanan yang kita santap akan diubah menjadi energy oleh tubuh. Dalam lambung dan usus, makanan diuraikan menjadi beberapa elemen dasarnya, termasuk salah satu jenis gula, yaitu glukosa. Jika terdapat gula, maka pancreas menghasilkan insulin, yang membantu mengalirkan gula kedalam sel-sel tubuh. Kemudian, gula tersebut dapat diserap dengan baik dalam tubuh dan dibakar untuk dijadikan energy.

Ketika seseorang menderita diabetes maka pancreas orang tersebut tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk menyerap gula yang diperoleh dari makanan. Itu yang menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi akibat timbunan gula dalam makanan yang tiak dapat diserap dengan baik dan dibakar menjadi energy. Penyebab lain adalah insulin yang cacat atau tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin dengan baik.

Insulin adalah hormone yang dihasilkan pancreas, sebuah organ disamping lambung. Hormone ini melekatkan dirinya pada reseptor-reseptor yang ada pada dinding sel. Insulin bertugas untuk membuka reseptor pada dinding sel agar glukosa memasuki sel. Lalu sel-sel tersebut mengubah glukosa menjadi energy yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas. Dengan kata lain, insulinmembantu menyalurkan gula kealam sel agar diubah menjadi energy. Jika jumlah insulin tidak cukup, maka terjadi penimbunan gula dalam darah sehingga menyebabkan diabetes.

Penyebab penyakit kencing manis atau diabetes tergantung pada jenis diabetes yang diderita. Ada dua jenis diabetes yang umum terjadi dan banyak diderita banyak orang yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Perbedaanya adalah jika diabetes tipe 1 karena masalah fungsi organ pancreas tidak dapat menghasilkan insulin, sedangkan diabetes tipe 2 karena masalah jumlah insulin yang kurang bukan karena pancreas tidak bisa berfungsi dengan baik

Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah diabetes yang bergantung pada insulin atau Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM). Jadi diabetes tipe 1berkaitan dengan ketidak sanggupan pancreas untuk membuat insulin. Jadi diabetes tipe ini berkaitan dengan kerusakan atau gangguan fungsi pancreas menghasilkan insulin.

Penderita diabetes tipe 1 menghasilkan seikit insulin atau sama sekaki tidak menghasilkan insulin. Sebagian besar diabetes mellitus tipe 1 terjadi sebelum usia 30 tahun. Diabetes tipe 1 banyak ditemukan pada balita, anak-anak, dan remaja. Sampai saat ini, diabetes mellitus tipe 1 hanya dapat diobati denganpemberian insulin secara terus menerus.

 

Penyebab Diabetes Tipe 1

Diabetes Tipe 1 disebabkan karena pancreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin. Kekurangan insulin inilah yang menyebabkan glukosa tetap ada di dalam aliran darah dan tidak dapat digunakan sebagai energy.

Beberapa penyabab pancreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin pada penderita diabetes tipe 1, antara lain karena:

  • Factor keturunan atau genetika

Jika salah satu atau kedua orang tua menderita diabetes, maka anak akan beresiko terkena diabetes.

  • Autoimunitas

Autoimunitas yaitu tubuh alergi terhadap salah satu jaringan atau jenis selnya sendiri dalam hal ini, yang ada dalam pancreas. Tubuh kehilangan kemampuan untuk membentuk insulin karena system kekebalan tubuh menghancurkan selsel yang memproduksi insulin.

  • Virus atau zat kimia

Virus atau zat kimia yang menyebabkan kerusakan pada pulau sel (kelompok-kelompok sel) dalam pancreas tempat insulin dibuat. Semakin banyak pulau sel yang rusak, semakin besar kemungkinan seseorang menderita diabetes.

Diabetes Tipe 2

Diabetes Tipe 2 adalah diabetes yang tidak bergantung pada insulin atau Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM) dimana pancreas tetap menghasilkan insulin namun jumlah insulin tidak cukup. Kebanyakan dari insulin yang diproduksi dihisap oleh sel-sel lemak akibat gaya hidup dan pola makan yang tidak baik. Sedangkan pancreas tidak dapat membuat cukup insulin untuk mengatasi kekurangan insulin sehingga kadar gula dalam darah akan naik. Hormone insulin dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Hal ini dikarenakan berbagai kemungkinan seperti kecacatan dalam produksi insulin, resistensi terhadap insulin atau berkurangnya sensitivitas (respons) sel dan jaringan tubuh terhadap insulin.

Ada beberapa teori yang mengutarakan sebab terjadinya resisten terhadap insulin, diantaranya faktornkegemikan (obesitas). Diabetes tipe 2 biasa terjadi pada anak-anak dan dewasa, tetapi biasanya terjadi setelah usia 30 tahun. Pada penderita diabetes tipe 2, pengontrolan kadar gula darah dapat dilakukan dengan beberapa tindakan seperti diet, penurunan berat badan, dan pemberian tablet diabetik. Apabila dengan pemberian tablet belum maksimal respons penanganan level gula alam darah, maka obat suntik mulai dipertimbangkan untuk diberikan.

Diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang sebagian besar diderita. Sekitar 90% hingga 95% penerita diabetes menderita diabetes tipe 2. Jenis diabetes ini paling sering dierita oleh orang dewasa yang berusia lebih dari 30 tahun dan cenderung semakinparah secara bertahap.

Penyebab Diabetes Tipe 2

Penyebab utama diabetes tipe 2 karena insulin yang dihasilkan oleh pancreas tidak mencukupi untuk mengikat gula yang ada dalam darah akibat pola makan atau gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa penyebab utama diabetes tipe 2 dapat diringkas sebagai berikut:

  • Faktor keturunan

Apabila orang tua atau saudara sekandung yang menderita diabetes.

  • Pola makan atau gaya hidp yang tidak sehat.

Banyak gerai makanan cepat saji (fast food)yang menyajikan makanan berlemak dan tidak sehat.

  • Kadar kolesterol yang tinggi.
  • Jarang berolah raga.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.

Penyebab diabetes tipe 2 pada umumnya karena gaya hiup yang tidak sehat. Hal ini mengakibatkan metabolism dalam tubuh tidak sempurna sehingga membuat insulin dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Hormon insulin dapat diserap oleh lemak yang ada dalam tubuh. Sehingga pola makan dan gaya hidup tidak sehat bisa membuat tubuh kekurangan insulin.

Buah Merah asli papua juga diyakini bias menyembuhkan penyakit kencing manis, Penyakit ini disebabkan karena kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang memadai. Akibatnya, kandungan gula dalam darah meningkat.

Kandungan tokoferol dalam buah merah memperbaiki kerja pankreas sehingga fungsi pankreas menjadi normal kembali.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.