Home » artikel » MENGENAL CIRI-CIRI PENYAKIT LEVER

MENGENAL CIRI-CIRI PENYAKIT LEVER

November 23rd, 2012 artikel

Penyakit Liver atau biasa juga disebut penyakit hati ini merupakan penyakit yang menyerang bagian organ dalam tubuh yakni hati. Apabila bagian organ ini sudah terserang maka fungsinya sebagai penyaring darah tidak akan maksimal sehingga metabolisme tubuh tidak akan terkendali.

Penyakit liver banyak ditemukan di kawasan Asia Pasifik, terutama di wilayah Asia Tenggara yang termasuk di dalamnya negara Indonesia. Di Indonesia penyakit ini masuk ke dalam daftar 10 penyakit yang menyebabkan kematian terbesar. Namun demikian penyebaran penyakit ini tidak perlu di kawatirkan selama kita dan keluarga kita tetap menjalani pola hidup yang sehat. Peran keluarga sangat penting dalam hal ini di dalam menjaga tersebarnya virus penyebab penyakit liver. Dibutuhkan kesadaran setiap anggota keluarga untuk bisa menjalani pola hidup yang sehat. Karena satu saja anggota keluarga tidak menjalani pola hidup yang sehat, sama saja membuka pintu masuk penyebaran penyakit ini ke anggota keluarga yang lain.

Hati merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi beragam serta berperan penting dalam beberapa proses kerja tubuh. Oleh karena itu, kesehatannya harus dijaga agar terhindar dari penyakit lever.Konsultan herbal Ruhanto menjelaskan, ada beberapa gejala penting yang menandakan turunnya kesehatan hati. Gejala yang paling sering ditemui adalah kondisi tubuh yang mudah lelah. Seperti diketahui, salah satu fungsi hati ada memproduksi protein. Jika hati tidak berfungsi dengan baik, tubuh akan kekurangan nutrisi sehingga menyebabkan kurangnya energi.

Ujung-ujungnya tubuh akan lelah walaupun tidak terlalu banyak beraktivitas. Nah, untuk menghindari hal itu, temulawak bisa menjadi solusinya. Temulawak telah lama digunakan oleh nenek moyang sebagai tanaman obat.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorhiza L ini adalah tanaman obat yang tergolong dalam suku Zingiberaceae. Aroma dan warna khas rimpangnya berbau tajam, daging buahnya berwarna kekuning-kuningan.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga setinggi dua meter, memiliki bunga berwarna kuning. Temulawak dapat berbunga terus-menerus sepanjang tahun secara bergantian yang keluar dari rimpangnya. Rimpang induknya dapat memiliki tiga hingga empat buah rimpang.

Warna kulit rimpangnya berwarna cokelat kemerahan atau kuning tua, sedangkan warna dagingnya kuning. Rimpang temulawak terbentuk di dalam tanah pada kedalaman sekitar 17 sentimeter.

adapun gejala penyakit liver adalah sebagai berikut:

  1. Seluruh kulit tubuh berwarna kekuning-kuningan, diantaranya adalah mata, telapak kaki ataupun telapak tangan. Jika tidak segera diobati maka kulit yang sudah berwarna kulit akan lama hilangnya.
  2. Air kencing yang dikeluarkan akan berwarna kecoklat-coklatan seperti warna teh.
  3. Sering mengalami yang namanya mual-mual dalam perut.
  4. Nafsu makan semakin berkurang, sehingga metabolisme tubuh akan terhambat.
  5. Kondisi berat badan semakin menurun.
  6. Sering juga muntah.
  7. Terjadi gejala diare
  8. Warna ketika buang air besar kelihatan pucat.
  9. Biasanya perut bagian kanan atas akan terasa sakit.
  10. Mudah terasa lelah ketika bekerja, sehingga menyebabkan badan tidak nyaman dan malas untuk beraktifitas.
  11. Mengalami gatal-gatal diseluruh bagian.
  12. Pembuluh darah akan semakin besar.
  13. Semakin rendahnya kadar gula yang dihasilkan oleh tubuh.
  14. Bagian-bagian otot akan terasa pegal-pegal dan sakit
  15. Kadang mengalami demam dan stres ringan
  16. Menurunnya gairah seks

Rimpang temulawak mengandung senyawa yang bermanfaat bagi hati. Senyawa tersebut memiliki efek farmakologi yaitu hepatoprotektor yang bermanfaat mencegah penyakit lever.

Agar bisa menjadi obat lever, temulawak sebaiknya diolah menjadi minuman. Gunakan rimpang segar atau yang telah dikeringkan, selanjutnya rebus dengan air hingga dan sisakan setengahnya. Lalu saring dan airnya diminum selagi hangat. Tak ada salahnya juga mencoba minuman instan alami temulawak produk AlfaVita yang terbuat dari rimpang herbal temulawak.

Cara membuat minuman instan ini cukup mudah, larutkan satu sachet dengan air hangat, selanjutnya aduk dan siap untuk diminum. Minuman herbal ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh dan aman dikonsumsi setiap hari.

“Untuk menjaga kesehatan hati, perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan antioksidan. Selain itu, hindari makanan yang terlalu berminyak dan berlemak karena akan menyebabkan hati bekerja terlalu keras,” pungkasnya. (ali)

lever disebabkan karena kurang istirahat atau terlalu capek/lelah bekerja sementara konsumsi makanan yang masuk tidak seimbang. Lever menyerang fungsi hati kita dimana hati berfungsi
– Menetralkan racun (Detoksikasi)
– Membantu fungsi empedu
– Organ metabolisme utama yang berkaitan dengan metabolisme zat – zat gizi (lemak, vitamin, protein, dll)
– Imunitas/kekebalan, dan banyak lagi.

Penyebab sakit lever antara lain yaitu:
1. Virus, penyebab terbanyak : hepatitis A – E bahkan G
2. bakteri misal : salmonella typhi
3. parasit
4. obat-obat kimiawi
5. bahan-bahan kimia
6. alkohol
7. cacing atau gizi buruk
8. Sering begadang

Untuk menghindarinya usahakan jangan sering begadang, makan makanan bergizi, jangan terlalu capek dan hindari penyebabnya diatas, ada juga yang bilang ini penyakit keturunan.

Yang harus dihindari :
– Makanan mengandung zat kimia
– Makanan berminyak (berlemak)
– Makanan terlalu pedas
– Makanan terlalu asam

Jika Anda mengalami gejala seperti ciri-ciri yang disebutkan di atas, segera periksakan ke dokter. Semoga saja Anda tidak termasuk ke dalam kategori orang yang terkena penyakit liver. Atau Anda bisa menempuh cara pengobatan tradisional dengan menggunakan tanaman-tanaman yang ada di sekitar Anda. Jenis tanaman yang dapat digunakan antara lain daun serut, akar alang-alang, bunga tasbeh, rambut jagung, daun sendok, meniran, jombang, bungenvil, sambiloto, kumis kucing, daun kembang merak, jamur hioko, jamur putih kering, jamur lince, dan sawit langit.

Medis belum mengetahui secara jelas mengenai penyebab penyakit liver ini. Beberapa jenis virus penyebab hepatitis : Epstein Barr Virus, VaricellaChickenpox, cytomegalovirus.

Penyakit liver ini dapat dibedakan menjadi dua bagian tergantung berapa lama penderita mengidap penyakit ini. jika seorang menderita hepatitis kurang dari 6 bulan maka disebut hepatitis akut dan jika penyakit tersebut selama 6 bulan lebih maka disebut hepatitis kronis.

– Hepatitis A

Penyakit Hepatitis A disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita biasanya melalui makanan (fecal – oral), bukan melalui aktivitas seksual atau melalui darah. Hepatitis A paling ringan dibanding hepatitis jenis lain (B dan C).

– Hepatitis B

Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh “Virus Hepatitis B” (VHB), suatu anggota famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati. Penyebab Hepatitis ternyata tak semata-mata virus. Keracunan obat, dan paparan berbagai macam zat kimia seperti karbon tetraklorida, chlorpromazine, chloroform, arsen, fosfor, dan zat-zat lain yang digunakan sebagai obat dalam industri modern, bisa juga menyebabkan Hepatitis.

– Hepatitis C

Penyakit yang disebabkan oleh Infeksi virus hepatitis C, virus ini dapat menyebabkan peradangan hati atau hepatitis yang biasanya asimtomatik, tetapi hepatitis kronik yang berlanjut dapat menyebabkan sirosis dan kanker hati. Virus hepatitis C menyebar dengan kontak darah ke darah dari darah seseorang yang terinfeksi. Gejala dapat secara medis ditangani, dan proporsi pasien dapat dibersihkan dari virus oleh pengobatan anti virus jangka panjang.

Gejala dari penyakit liver tergantung dari tipe dan jangkauan penyakit liver nya. Pada banyak kasus mungkin tidak di jumpai gejala. Namun tanda dan gejala yang biasanya di terjadi pada gejala liver adalah :

1. Jaundice atau kulit menjadi berwarna kuning,
2. Urine yang coklat seperti teh,
3. Mual-mual,
4. Kehilangan selera makan,
5. Kehilangan atau kenaikan tubuh abnormal,
6. Muntah,
7. Diare,
8. Warna tinja (feses) yang pucat,
9. Nyeri abdomen (perut) pada bagian kanan atas perut,
10.Tidak enak badan (malaise) atauperasaan sakit yang kabur,
11.Gatal-gatal,
12.Varises (pembesaran pembuluh pena),
13.Kelelahan,
14.hipolekimia (kadar gula rendah),
15.demam ringan,
16.Sakit otot-otot ,
17.Libido berkurang ,
18.depresi.

Selain temulawak, Sarang Semut Asli Papua juga di yakini dapat menyembuhkan penyakit lever

 

 

comments
Share this post to your friends!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Related Post to MENGENAL CIRI-CIRI PENYAKIT LEVER

Kandungan senyawa aktif dalam sarang semut

June 25, 2013
kandungan senyawa aktif dalam sarang semut flavonoid, dalam tubuh manusia, flavonoid berperan membuat perlindungan susunan sel, menambah efektivitas vit. c, anti-inflamasi, menghindar keropos tulang,...

PENYEMBUHAN PADA NYERI OTOT

November 5, 2012
Pengertian yeri otot Tanpa kita sadari kita sering terkena nyeri di bagian otot, apalagi ketika kita melakukan aktifitas yang padat, dan melkukan angkat berat,...

HEPATITIS

May 31, 2013
 Bisa jadi orang Indonesia lebih praktis disbanding orang Iggris. Lihat saja “hatiku sakit” bisa banyak artinya. “My heart is broken” atau juga   “Something  wrong...

PENCEGAHAN TERHADAP HIPERTENSI/DARAH TINGGI

December 12, 2012
Perubahan pola makan dan gaya hidup dewasa ini mengakibatkan seseorang lepas control terhadap keadaan dan keseimbangan tubuh dan akhirnya resiko terkait komplikasi kesehatan pun...


Switch to our mobile site