Penelitian tentang sarang semut asli papua

Penelitian tentang sarang semut asli papua

www.sarangsemutasli.com 3

penelitian mahasiswa ugm perihal sarang semut memperoleh medali emas di makassar

sarang semut dapat membunuh sel kanker

27/07/2011 08 :48 :51 sarang semut ( myrmecodia peden ) sepanjang ini banyak dipakai masyarakat untuk penyembuhan. tanaman epifit yang banyak didapati di tempat papua ini dapat menangani beragam penyakit berat layaknya kanker, diabetes, hipertensi, lever, asam urat, serta jantung. sesudah dikerjakan beragam penelitian ilmiah yang dapat menunjukkan manfaat dari tanaman ini.

penelitian yang dikerjakan mahasiswa fakultas kedokteran ugm, arius suwondo, felicia widyaputri, marika suwondo serta prenali satmika menunjukkan sarang semut dapat menghalangi apalagi membunuh sel kanker. penelitian tersebut mengantarkan kelima mahasiswa tersebut menggapai medali emas pada pimnas xxiv di kampus hasanudin, makasar 19-21 juli lalu

penelitian tersebut berjudul ‘myrmecodia peden : alternatif kemoterapi kanker payudara dengan dampak samping minimal’. pada wartawan di fk-ugm, selasa ( 26/7 ) arius suwondo menyebutkan, tim ini tergerak meneliti tanaman sarang semut dikarenakan sepanjang ini banyak dikonsumsi masyarakat serta diakui bisa mengobati beragam penyakit, diantaranya kanker.

beberapa mahasiswa lakukan kajian lebih dalam untuk tahu apakah tanaman ini dapat dipakai sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan kanker dengan dampak samping minimal, tidak layaknya pada penyembuhan kemoterapi yang menyebabkan sebanyak dampak samping. ide nampak sesudah lihat penyembuhan kanker dengan langkah kemoterapi banyak menyebabkan pasien kanker putus ada.

www.sarangsemutasli.com 46

di dalam penyembuhan drop out serta menghentikan terapi dikarenakan alami sebagian dampak samping. diinginkan dengan penyembuhan herbal sarang semut dapat meminimalisir dampak samping pasien kanker. sarang semut diketahui memiliki kandungan flavanoid serta polifenol yang berperan sebagai antioksidan hingga amat baik untuk pencegahan kanker.

disamping itu juga memiliki kandungan tokoferol serta alfa-tokoferol, zat dengan kegiatan anti oksidan tinggi dapat menghalangi radikal bebas. dijelaskan arius dari hasil uji sitotoksik diketahui ada kegiatan pada sel kanker, sesudah direaksikan dengan ekstrak sarang semut. ekstrak sarang semut dapat dibuktikan dapat menghalangi apalagi membunuh sel kanker.

perihal ini berlangsung melewati mekanisme apoptosis yakni mematikan sel kanker dengan langkah terprogram tanpa menyebabkan rasa sakit pada pasien. ”setelah melewati uji sitotoksis, bisa tampak tanaman ini dapat menghalangi serta apalagi mematikan sel kanker dengan mekanisme apoptosis, tidak memecahkan sel yang menyebabkan peradangan yang dapat membahayakan kesehatan pasien, ” tuturnya.

menurut felicia widyaputri, dengan dosis inhibitory consentration ( ic ) 50 sebesar 539, 902 mikrogram/mililiter dapat menghalangi sampai 50 % perkembangan sel kanker. waktu dosis ekstrak sarang semut ditingkatkan dengan effective consentration ( ec )50 sebesar 1599, 998 mikrogram/mililiter bisa membunuh sel kanker sampai 50 %.

www.sarangsemutasli.com 48

”ketika dosisnya meningkat maka sistem apoptosisnya juga meningkat, dengan ec 50 sebesar 1599, 998 mikrogram/mililiter bisa membunuh sel kanker sampai angka 50 %, ” kata mahasiswi angkatan 2008 ini. penilitian yang dikerjakan ke-5 mahasiswa baru dikerjakan dengan in vitro ( skala laboratorium ) belum diujikan pada hewan ataupun manusia.

dengan hasil penelitian yang tunjukkan hasil positif tersebut tidak menutup kemungkinan ke depan dapat dicobakan ke hewan. setelah itu ke manusia tetapi butuh dikerjakan serangkaian pengujian lebih dalam lagi, ” tuturnya. ( asp )-e

Incoming search terms: