PENYAKIT REMATIK / REUMATIK

Istilah orang menyebut Rematik atau dalam bahasa kesehatan Reumatik adalah suatu penyakit yang menyerang persendian. Selain menyerang persendian, penyakit reumatik juga menyerang otot dan urat. Siapa saja bisa terkena reumatik,dari semua umur, semua jenis kelamin, tergantung pada jenis penyakit.

Penyakit reumatik adalah penyakit autoimun serius yang menyerang sendi dan bagian tubuh lainnya. Gejala yang timbul kadang menyerupai penyakit lain

Penyebab reumatik salah satunya adalah masalah kekebalan tubuh yang berbalik menyerang jaringan persendian yang mengakibatkan tulang rawan di sekitar sendi menipis dan membentuk tulang baru. Pada saat tubuh digerakkan, tulang-tulang di persendian bersinggungan sehingga memicu ra Banyak pasien terutama pasien lanjut usia yang datang ke dokter dengan keluhan nyeri sendi dan rasa nyeri di berbagai tempat di tubuhnya, sering kali menganggap dirinya terkena Asam Urat atau Osteoporosis.

Ada beberapa pertanda khas jika Anda terkena reumatik.

 

Luka yang sulit sembuh
Kadang orang berpikir memiliki cedera seperti pergelangan kaki terkilir yang tak kunjung sembuh, padahal bisa jadi ini adalah gejala yang sebenarnya dari reumatik. Dr Lisa A Mandl, MD, MPH dari Hospital for Special Surgery di New York City menuturkan kondisi ini lebih umum terjadi pada ora

Masalah pada kaki
Salah satu bagian yang sering mengalami sakit dan terkait dengan reumatik adalah peradangan kaki depan dan kadang perempuan berhenti menggunakan sepatu hak-nya. Beberapa orang dengan reumatik juga bisa mengembangkan rasa sakit di tumit akibat plantar fasciitis, yaitu kelainan kaki yang disebabkan oleh pembengkakan jaringan di bagian bawah kaki dekat tumit.

ng muda.

Masalah pada mata
Orang dengan reumatik juga berisiko terkena sindrom sjogrens, yaitu gangguan autoimun yang bisa menyebabkan kekeringan pada mulut, mata, tenggorokan, hidung atau kulit akibat peradangan yang membuat kelenjar menghentikan kelembaban. Kondisi ini bisa terjadi bahkan pada tahap awal reumatik. Dr Mandl menyarankan seseorang untuk memberitahu dokter mengenai gejala tambahan yang muncul pada setiap bagian tubuh.

 

Mati rasa atau kesemutan di tangan
Salah satu gejala dari reumatik adalah carpal tunnel syndrome yang ditandai dengan rasa kesemutan di pergelangan tangan dan tangan. Sensasi yang muncul mirip dengan rasa saat seseorang menekan atau memukul daerah siku, dan rasa ini lebih sering memburuk saat malam hari.

 

Sakit dan pegal pada sendi
Salah satu gejala yang paling dominan adalah sakit pada sendi, dan orang sering berpikir rasa nyeri ini akibat kelelahan, osteoarthritis (jenis rematik yang umum di usia lanjut) atau sindrom kelelahan kronis. Tapi nyeri akibat reumatik biasanya berlangsung lebih dari seminggu dan bisa mengenai kedua tangan, kaki, lutut atau pergelangan kaki pada waktu yang sama.

 

Sendi seperti dikunci
Orang dengan reumatik kadang seperti mengalami sendi yang terkunci terutama di lutut dan siku, hal ini karena ada banyak pembengkakan tendon di sekitar sendi sehingga sendi tidak bisa menekuk dan seperti terkunci. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya kista di belakang lutut yang dapat membengkak dan menghambat gerak.

nflamasi atau bengkak pada sendi,

bila kondisi ini lebih dominan dari gejala lainnya maka bijaksana memilih obat reumatik yang mempunyai efek mengurangi pembengkakan lebih dominan.

Rasa nyeri,

obat reumatik dalam hal ini berperan sebagai analgesik. Obat rematik yang mirip dengan aspirin hanya efektif terhadap nyeri dengan intensitas rendah dan nyeri yang berkaitan dengan inflamasi.

Demam,

obat reumatik dalam hal ini berperan sebagai antipiretik, dimana biasanya akan menurunkan suhu badan di waktu demam saja. Walaupun demikian obat reumatik tidak dibenarkan hanya untuk penghilang demam saja karena sifat toksiknya.

Pengobatan Reumatik

Pada umumnya obat reumatik yang ada memiliki efek kombinasi yaitu antiinflamasi, analgesik dan antipiretik secara lengkap atau tidak dengan kekuatan yang berbeda-beda pada efeknya. Selain untuk mengurangi gejala-gejala tersebut  banyak obat reumatik yang juga menimbulkan efek samping mengiritasi lambung yang rendah.

.Sarang semut asli papua merupakan solusi herbal tanpa efek samping karena Flavonoid yang terkandung dalam sarang semut juga berperan sebagai inhibitor enzim xanthine dan anti-oksidan. Sedangkan kandungan tokoferol mempunyai peran sebagai multi mineral dan antioksidan. Kedua senyawa tersebut memiliki khasiat untuk mengobati rasa encok dan rematik.

 

 

 

 

  1. Pretty great post. I just stumbled upon your weblog and wanted to mention that I have really loved browsing your blog posts.

    After all I will be subscribing to your rss feed and I’m hoping you
    write again very soon!

  2. Wow! This blog looks exactly like my old one!
    It’s on a completely different topic but it has pretty much the same layout and design. Wonderful choice
    of colors!

  3. Greetings from Idaho! I’m bored to death at work so I decided to browse your blog on my iphone during
    lunch break. I love the knowledge you provide here and can’t wait to take a look when I get home.

    I’m shocked at how quick your blog loaded on my mobile ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, good blog!

  4. I got this website from my pal who shared with me concerning this website and now this time I am visiting this website and reading very informative
    content here.

  5. May I simply say what a comfort to find
    someone that genuinely knows what they are talking
    about on the internet. You definitely understand how to
    bring an issue to light and make it important. More and more
    people ought to read this and understand this side of your story.
    It’s surprising you aren’t more popular because you most certainly possess the gift.

  6. Hello! I could have sworn I’ve been to this website before but after browsing through some of the post I realized it’s new
    to me. Nonetheless, I’m definitely delighted I found it and I’ll be bookmarking and checking back often!

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.