PENYEMBUHAN ENCOK DENGAN SARANG SEMUT

Sering kali kita mendengan istilah atau kata encok, terutama untuk pekerja berat, dan bukan tidakmungkin yang tekena encok adalah laki-laki wanitapun bisa saja terkena serangan encok,bahkan ketika terkena serangan encok akan menggangu aktifitas kita sebenarnya encok sendiri ada beberapa macam. encok menganggu kegiatan harian kita, termasuk aktivitas seksual. Obat encok cuma berfungsi meredakan, dan belum tentu untuk menyembuhkan.
Encok kalu sudah menyerang akan terasa amat sakit bahkan kadang-kadang bagian yang sakit tersebut tidak bisa digerakkan. Dan menurut kebanyakan orang, penyakit encok ini dapat berpindah-pindah tempatnya. Banyak orang yang berusaha menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit encok ini dengan jalan memijatnya. Padahal sebenarnya cara ini justru akan membahayakan penderitanya.

Berikut ini akan kami paparkan hal-hak yang bisa menimbulkan penyakit encok

mandi pada waktu malam hari Mandi malam atau paparan dingin pada badan dan sendi bukan penyebab encok. Tapi orang yang sudah encok dilarang mandi malam atau terpapar hawa
dingin supaya encoknya tidak kambuh. Penyebab encok lebih dari semacam. Pada encok rheumatoid arthritis (RA), entah kenapa sebabnya, tubuh membuat zat yang merusak sendinya sendiri (tergolong penyakit otoimun), yang menimbulkan rasa nyeri dan jadi kaku lalu mengganggu fungsi sendi.

Sendi yang tak difungsikan lama-lama mengakibatkan otot lemah, menciut lalu
menurunkan kinerjanya (atrofi). Encok bisa juga disebabkan oleh proses menua. Bisa juga akibat sendi sering dipakai, terkena benturan, trauma
olahraga yang mencederai sendi lalu rusak juga. Orang gemuk, pernah kena penyakit sendi, atau ada penyebab lain yang merusak rawan sendi, bisa terkena encok juga.
Sendi yang terinfeksi berbuntut encok juga. Infeksi biasanya berasal dari aliran darah; seperti, kuman kencing nanah, sifilis, dan TBC. Infeksi sendi
bisa juga karena tercemar jarum suntik yang tak steril, atau akibat patah tulang yang keluar dari daging. Encok bisa juga bagian dari beberapa sindroma yang melibatkan sendi. Misal, kumpulan penyakit radang mata, radang saluran kemih, yang disertai gejala encok juga.

Ada juga jenis encok yang entah kenapa sebabnya, pada orang tertentu, terbentuk pengapuran sendi yang mengganggu kerja sendi, menimbulkan rasa nyeri bila difungsikan. Ada juga jenis encok karena penulangan abnormal dalam sendi, selain kemungkinan terbentuknya kristal kapur dalam cairan
sendi. Pada orang tertentu ada kemungkinan terbentuknya pengapuran sendi pada tulang pinggul. Ia tak bisa membungkuk, lama-lama pinggang dan punggung ikut kaku. Jika pegapuran menjalar sampai ke tulang dada, menimbulkan keluhan sukar bernafas. Dari foto tulang belakangnya tampak kelainan yang
spesifik.

Beberapa jenis encok lainnya disebabkan oleh penyebab dari luar sendi, eperti kanker tulang, atau penyebaran sel kanker dari organ tubuh lain ke tulang.

Gejala-gejala encok
Gejala encok mungkin sama, yakni nyeri dan kaku pada sendi, tapi
penyebabnya bisa berbeda,. Untuk melacaknya perlu pemeriksaan darah.
Kemudian mungkin dapat dipastikan jenis encoknya. Jika masih belum bisa
dipastikan, mungkin juga perlu bantuan foto sendi. Pada encok jenis lain
perlu penyedotan cairan sendi untuk diperiksa apa ada kuman, kristal kapur, atau lainnya.

Ada jenis encok yang bisa dikenali di kamar prakter dokter. Dengan memeriksa dan melihat lokasi kelainan sendinya, sifat nyeri, usia, jenis pekerjaan, dan jenis kelamin pasien, serta riwayat penyakit encoknya, dokter bisa  mengenali jenis encoknya. Pemeriksaan laboratorium dan foto sendi pada kasus seperti ini hanya untuk memastikan saja sehingga tak selalu diperlukan.

pengobatan encok
Tergantung jenis encoknya, dokter menentukan pengobatan semacam atau lebih.
Jika penyebabnya diketahui dan masih mungkin dijinakkan, pasien diberi obat
penjinak encok selain obat pereda. Kerja obat rematik adalah mengurangi
peradangan sekaligus meredakan rasa nyeri. Encok kencing nanah, sifilis, atau infeksi lain diberi antibiotika pembasmi bibit penyakit yang bersarang di sendi. Encok gout diberi obat penurun asam urat juga selain obat untuk encoknya. Pengapuran dan penulangan sendi perlu tindakan bedah, sedang pada
infeksi sendi perlu penyedotan cairan sendi yang sudah bernanah.

Encok RA sebab kelainan darah diberi penekan reaksi darah. Jenis ini
berbuntut kecacatan sendi, misal, bengkok dan kaku, sehingga perlu
pembedahan untuk mengoreksinya. Keausan sendi dan pengeroposan tulang perlu bedah prothese untuk mengganti sendi yang rusak atau struktur sendinya tak lagi utuh.

Semua obat rematik mengganggu lambung, selain belasan efek lain yang sering diabaikan pemakainya. Darah menjadi rusak dan sukar membeku. Bahkan bisa
anemia aplastik (sel darah sama sekali tidak dibuat lagi oleh sumsum
tulang). Pemakaian yang lama bisa merusak hati dan ginjal, mengganggu kelenjar gondok, mempengaruhi kerja obat ayan, meninggikan gula darah,
menahan air dan natrium. Maka perlu waspada pada orang jompo, pasien jantung dan ginjal, pengidap asma, ayan, TBC, dan pasien kencing manis. Akibat yang
lebih buruk dikarenakan ada obat rematik yang dicampur dengan hormon orticosteroid (prednison, prednisolone, dexamethasone, yang baru-baru ini terbongkar dicampur dalam jamu).
Encok adalah jenis peradangan pada sendi yang kronis dan seringkali muncul dalam serangan akut. Gangguan ini biasanya ditandai dengan rasa sakit di ibu jari kaki. Ibu jari menjadi lembut, panas dan membengkak dalam beberapa jam. Selain ibu jari kaki, encok juga bisa menyerang persendian lainnya seperti lutut dan pergelangan.

Kadang-kadang encok bisa menyerang lebih dari satu persendian dalam waktu bersamaan. Serangan biasanya muncul di tengah malam atau menjelang pagi. Rasa sakitnya bisa membuat pasien terbangun tiba-tiba. Serangan akut biasanya bertahan hinga satu minggu atau lebih. Dalam waktu ini, pasien bisa mengalami demam ringan dan kehilangan selera makan.

Penyakit ini biasanya disebabkan pembentukan kristal asam urat di persendian, kulit, dan ginjal. Asam urat merupakan produk akhir dari proses kimia tubuh. Pasien encok mempunyai kadar asam urat dalam darah yang lebih tinggi dari normal. Asam urat ini biasanya tidak pecah dalam darah. Saat darah terlalu penuh dengan asam urat, asam urat akan membentuk kristal berbentuk jarum di persendian, yang memicu serangan encok.

Selain itu, encok juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan, konsumsi alkohol, asupan makanan kaya protein dan karbohidrat berlebih, kurang aktivitas fisik dan stres. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa pengobatan alami yang bisa menjadi pilihan Anda:

Ceri. Ceri, baik yang manis atau asam, dinyatakan efektif mengatasi encok. Untuk memulai, Anda dianjurkan mengonsumsi sekitar 15-20 ceri sehari. Selanjutnya, sekitar 10 ceri sehari untuk mengontrol gangguan. Ceri segar merupakan pilihan terbaik, tapi tidak ada salahnya mencoba ceri kalengan sekali-sekali.

Jus sayuran. Jus sayur mentah juga bisa digunakan mengatasi encok. Jus kombinasi wortel, bit dan ketimun dinyatakan paling efektif. Cobalah padukan 100 ml jus ketimun, 100 ml jus bit dan 300 ml jus wortel untuk memenuhi asupan 500 ml jus sayuran sehari.

Apel. Apel dinyatakan efektif mengatasi encok. Kandungan malic acid dalam apel diyakini bisa menetralkan asam urat sehingga bisa meredakan rasa sakit. Pasien dianjurkan mengonsumsi satu buah apel setiap kali habis makan.

Pisang. Pisang juga dinyatakan membantu meredakan encok. Untuk mengatasi encok, pasien dianjurkan diet hanya dengan pisang selama tiga atau empat hari. Pasien bisa mengonsumsi delapan atau sembilan pisang selama diet ini dan tidak perlu mengonsumsi yang lain.

Limau. Limau juga digunakan untuk meredakan encok. Vitamin C diketahui bisa mencegah dan menyembuhkan rasa sakit di persendian dengan cara menguatkan jaringan penghubung. Kandungan asam sitrat dalam limau bisa melarutkan asam urat. Cobalah mengambil sari dari setengah jeruk limau, padukan dengan segelas air dan minum dua kali sehari.

Selain itu, cobalah menghindari makanan yang memproduksi purin dan asam urat seperti daging, telur, ikan, teh, kopi, gula, tepung putih beserta produk tepung putih, makanan yang digoreng atau makanan olahan. Di samping diet, Anda juga bisa membantu meredakan sakit dengan menggunakan kompres es di persendian yang sakit pada malam hari. Anda juga perlu menghirup udara segar, olahraga di luar ruangan serta mengontrol stres

Kini selain dengan obat, encok diredakan dengan beberapa model terapi. Di pusat Spa, misalnya, bisa dilakukan hydrotherapy, dengan pemanasan, pemakaian elektroda listrik, pemijatan, selain fisioterapi. Tidak semua
jenis encok boleh diberikan terapi pmanasan. Encok RA justru diperburuk oleh efek pemanasan. Demikian juga jika sedang berlangsung proses peradangan
sendi.

Ada beberapa kiat yang bisa membantu pasien agar bisa hidup tanpa diganggu
encoknya. Atasi keluhan encok bersama pasangan. Perlu toleransi dan saling tolong. Demikian pula dalam aktivitas seksual. Perlu pengertian istri jika suami menderita. Ada toleransi suami jika istri menderita.

Kurangi berat badan, lakukan relaksasi setiap hari (mungkin dengan yoga), balur obat gosok malam hari agar tidak kaku waktu pagi. Dr. Mollen memperkenalkan “watercise”, latihan berenang khusus layaknya aquatic dancing.

Kompres es untuk mencegah bangkitnya nyeri sendi sehabis kerja berat. Namun pakailah kompres hangat untuk meredakan nyeri yang terlanjur timbul.

Minyak ikan omega-3 bermanfaat mengurangi keluhan (Elson Haas, MD), selain perlu memperbanyak vitamin C. Namun minyak sayur perlu dibatasi sebab mengandung onmega-6 yang bisa membangkitkan peradangan sendi (George
Blackburn, MD).

Jus wortel membantu mengurangi nyeri sendi (Dr, Mollen) selain jus tomat dan jus kol. Kini jahe menarik perhatian kita sebab diperkirakan membantu meredakan nyeri sendi. (diadaptasi dari: “Encok Bukan Lantaran Sering Mandi Malam”, Dr. Handrawan Nadesul, Tabloid Senio Ada juga dengan cara tradisional Cara menyembuhkan sakit encok dan sakit rematik dengan resep tradisional sbb:

A. Bahan
. Bawang merah 5 butir
. Jahe 2 jari
. Tepung terigu 1 gelas
. Air secukupnya

Caranya
. Bawang merah dan jahe ditumbuk halus, tambahkan tepung terigu dan air masak secukupnya. Diremas baik-baik.

Pemakaian
. Digunakan untuk menggosok atau mengurut bagian yang sakit

B. Bahan
. Jahe 10 jari

Caranya
. Jahe dicuci bersih lalu diparut. Diremas dengan alkohol 1 gelas dan biarkan semalam. Sesudah itu diperas dan disaring

Pemakaian
. Airnya digunakan untuk menggosok bagian yang sakit
. Lakukan 2-3 kali sehahi

Jika semua sudah dicba tidak berhasil ada baiknya mencoba sarang semut asli papua, inyaalloh dapat menyebuhkan berbagai macam penyakit , tidak menutup kemungkinan penyakit encok

Sumber : diambil dari berbagai sumber

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.