PENYEMBUHAN PADA NYERI OTOT

Pengertian yeri otot

Tanpa kita sadari kita sering terkena nyeri di bagian otot, apalagi ketika kita melakukan aktifitas yang padat, dan melkukan angkat berat, apa sebenarnya yang di maksud dengan nyeri otot?
Nyeri otot adalah gejala dari beberapa penyakit atau kelainan. Penyebab yang paling sering disebabkan oleh ketegangan ( kontraksi ) yang berlebihan, saat latihan atau bekerja berat.

Gejala umum nyeri otot ini, di samping rasa sakit, adalah pembengkakan pada otot. Anda mungkin melihat, setelah latihan yang menyebabkan nyeri yang sangat parah, otot anda tampak lebih besar dari sebelumnya. Namun ini terjadi bukan karena massa otot yang meningkat, tetapi lebih karena otot mengalami peradangan sebagai respon terhadap kerusakan mikroskopis pada otot.
Beberapa orang yang mengalami serangan nyeri pada otot sering kali membiarkan rasa nyeri itu hilang dengan sendirinya. Namun nyeri otot sebaiknyo segera diotasi agor tidok menghambat aktivitas, nyeri otot merupakan gangguan kesehatan pada otot.di daerah tertentu, dan biasanya bersifat sementara’ Walau pada beberapa kasus nyeri pada otot dapat hilang sendiri, namun ada baiknya
Anda mewaspadai dan segera diatasi. Rasa nyeri yang berlebih pada otot biasanya akibat melakukan aktivitas Otot yung melebihi batas kemampuan’ Selain itu perilaku yang salah dan dila(uka-n berulang-ulang juga bisa menjadi faktor penyebabnyeri otot, misalnya posisi duduk yang salah dan berlangsung lama mengakibatkan otot di sekitar pinggang teganglkaku.Beberapa tubuh yang perlu Anda waspadai adalah area sekitarleher, punggung, lengan, pinggang, paha dan betis.

Dibiarkan atau diobati?

Nyeri otot dapat dicegah auu dihindari dengan melakukan peregangan otot dan sendi secara teratur, membatasi latihan ataupun aktivitashsik berlebihan, sehingga tidak sampai menimbulkan cedera pada otot yang bergerak.’ myeri otot ringan biasanya dapat sembuh sendiri dalam waktu 3 – 4 hari. lriamun jika rlsa nyeritersebut meningkat biasanya membutuhkan penanganankhusus, misalnya dengan memberi pemanasan pada otot setring-ga otot menjadi lema!. Melemasnya otot ini akan meningkatkan aliran-d-arah yang mengangkut sisa-sisa metabolismeyaitu asam laktat untuk di proses di dalam hati.

Jika nyeri otot tidak tertangani dengan baik, akan menimbulkan efek samping, antara lain gangguan fungsi tubuh, misalnYa mengalami keterbatasan menggerakkan bagian tubuh atau Persendian (ranqe of movement).

PENYEBAB NYERI OTOT:
1. Trauma termasuk Sprains dan Strain.
2. Ketegangan (kontraksi) yang berlebihan, saat latihan atau bekerja berat.
3. Tension atau stress Elements
4. Pengunaan tenaga yang berlebihan
5. Medication (Obat) / pengaruh obat yang berlebihan
6. Withdrawal Syndrome (Penarikan Sindrom)
Nyeri otot dapat melibatkan lebih dari satu otot pada waktu yang bersamaan,nyeri otot juga dapat melibatkan jaringan lunak yang mengelilingi otot (jaringan ikat, ligamen, wiuqytrewqtendon, dan fasia) nyeri otot yang khronis biasanya disebabkan oleh metabolic myopathy, defisiensi nutrisi atau chronic fatique syndrome,Sel otot bekerja dengan impuls listrik dari otak yang membuat terjadi kontraksi melalui pelepasan kalsium oleh retikulum sarkoplasma
Pengurangan kekuatan kontraksi otot akibat efek langsung atau tidak langsung dari pengurangan substrat atau akumulasi gangguan metabolit dalam serat otot,turunnya kekuatan otot dapat disebabkan karena kurangnya energi bahan bakar kontraksi atau interfensi kemampuan ca2+ untuk merangsang aktin dan myosin.

Dalam otot berfungsi untuk kontraksi otot antara lain adenosin trifosfat (atp), glikogen dan kreatin fosfat.

Gejala nyeri otot
Trochanteric bursitis
adalah peradangan pada bursa, suatu kantung berisi cairan di dekat sendi dari sendi panggul lateral titik yang dikenal sebagai greater trochanter. Ketika bursa ini menjadi iritasi atau meradang, hal itu menyebabkan rasa sakit di pinggul. Ini adalah penyebab umum nyeri pinggul.
Radiculopathy
adalah pada akar saraf (Radix = “root”). Hal ini dapat mengakibatkan rasa sakit (nyeri radikuler), lemah, mati rasa, atau kesulitan mengendalikan otot-otot tertentu.
Dalam radiculopathy sebuah, masalahnya adalah pada atau di dekat akar saraf, sepanjang tulang belakang. Namun, rasa sakit atau gejala lain mungkin terwujud dalam suatu ekstremitas melalui proses yang disebut nyeri alih. Misalnya, pelampiasan akar saraf di leher dapat menghasilkan rasa sakit dan kelemahan dalam lengan bawah. Demikian juga, sebuah pelampiasan di punggung bagian bawah atau lumbal tulang-sacral dapat diwujudkan dengan gejala di kaki. Polyradiculopathy mengacu pada kondisi di mana lebih dari satu akar saraf tulang belakang dipengaruhi.
Sejak awal abad 20, nyeri otot dianggap disebabkan oleh penumpukan asam laktat di otot selama latihan yang berat di mana suplai oksigen tubuh telah habis. Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa hal ini sebenarnya tidak terjadi sama sekali. Bahkan asam laktat sebenarnya digunakan oleh otot-otot sebagai bahan bakar ketika persediaan oksigen telah habis.
Sindrom piriformis
adalah gangguan neuromuskular yang terjadi ketika saraf skiatik dikompresi atau jengkel oleh otot piriformis menyebabkan rasa sakit, kesemutan dan mati rasa di pantat dan di sepanjang jalur saraf siatik turun ke bawah dan paha ke kaki. Diagnosis sering sulit karena beberapa tes diagnostik divalidasi dan standar, tetapi salah satu kriteria yang paling penting adalah untuk mengecualikan sciatica dihasilkan dari kompresi / irriation akar saraf tulang belakang, sebagai oleh disk hernia. Mungkin sindrom karena variasi anatomi dalam hubungan saraf otot, atau dari penggunaan berlebihan atau regangan.
Sacroiliac joint syndrome
Sacroiliac joint syndrome atau SI Bersama Disfungsi
adalah suatu kondisi di mana sendi terkunci, sebagian dislokasi atau “subluxated” dalam posisi non-anatomis benar karena hipermobilitas (gerakan terlalu banyak) atau hypomobility (terlalu sedikit gerakan) dalam sendi sacroiliac disfungsi sendi umumnya ditandai dengan nyeri pinggang dan glutealis dan bisa disertai dengan selangkangan disebut, pinggul, dan nyeri kaki skiatik (lihat “sciatica”).. kondisi ini dapat mempengaruhi satu sacroiliac bersama (kiri atau kanan), atau keduanya sendi. Tingkat nyeri dan cacat akibat kondisi bisa sangat bervariasi, dari ketidaknyamanan yang membatasi kegiatan tertentu untuk sangat melemahkan dan sumber konstan sakit. Hal ini dilaporkan mempengaruhi antara 15% dan 38% dari populasi umum, dengan perempuan menjadi 3 atau 4 kali lebih mungkin terkena daripada pria. Terlepas dari statistik ini, banyak pasien dengan disfungsi sendi sacroiliac pergi tahun tanpa diagnosis yang benar. Sendi-sendi sacroiliac sering diabaikan sebagai peran penyebab sakit punggung bawah
Para ilmuwan berpikir bahwa seharusnya sudah jelas bahwa asam laktat tidak ada hubungannya dengan nyeri otot ini, karena fakta bahwa terdapat jenis nyeri otot yang baru muncul sampai sekitar 24-72 jam atau lebih dari waktu anda berolahraga. Padahal penumpukan asam laktat di otot hanya berlangsung di otot untuk paling lama satu atau dua jam setelah latihan anda selesai. Sehingga, dalam 20-30 tahun terakhir, para ilmuwan akhirnya menyadari peranan asam laktat yang sebenarnya pada otot.

Asam laktat sangat penting karena memungkinkan tubuh untuk mengubah glikogen menjadi energi tanpa perlu kehadiran oksigen, seperti glikolisis aerobik normal (proses dimana tubuh menggunakan glikogen untuk energi). Dengan mengubahnya menjadi asam laktat dan bukannya ATP seperti biasa, ketika tidak ada oksigen yang banyak tersedia, memungkinkan proses glikolisis untuk berlangsung selama beberapa menit, bukan hanya beberapa detik. Setelah tubuh anda memiliki cukup cadangan oksigen, glikogen dapat kembali dikonversi ke ATP dan asam laktat dapat dikonversi kembali menjadi glukosa oleh hati dan jaringan lain yang akan digunakan kemudian. Hal ini membuat penggunaan glikogen jauh lebih efisien ketika tubuh kekurangan pasokan oksigen.
Bagaimana otot menggunakan asam laktat sebagai bahan bakar adalah sebagai berikut. Sel-sel otot mengkonversi glikogen menjadi asam laktat ketika tidak ada cukup oksigen untuk mengubahnya menjadi adenosin trifosfat (ATP). Asam laktat kemudian dapat digunakan sebagai bahan bakar oleh mitokondria, yang merupakan penghasil energi dalam sel otot.

Pelatihan ketahanan secara intens dapat meningkatkan massa mitokondria dalam sel otot lebih dari dua kali lipat, yang dapat membantu otot dalam kemampuan untuk menggunakan asam laktat sebagai bahan bakar. Hal ini memungkinkan otot-otot untuk bekerja lebih keras dan lebih lama dalam situasi cadangan oksigen rendah. Jadi salah satu alasan atlet terlatih dapat tampil lama saat bertanding adalah karena pelatihan intensif mereka sebenarnya memungkinkan otot-otot mereka sel untuk menyerap asam laktat lebih cepat dan lebih efisien karena massa mitokondria yang lebih besar.

Penyebab dan penyebuhan nyeri otot

Jadi, jika bukan karena asam laktat, apa yang menyebabkan rasa nyeri tersebut? Nyeri otot sekarang dipahami disebabkan oleh karena kerusakan mikro yang terjadi di dalam sel-sel otot itu sendiri. Hal ini terjadi ketika anda melakukan beberapa aktivitas dimana otot anda sebelumnya jarang digunakan tiba-tiba harus melakukan kerja yang jauh lebih berat daripada biasanya.

Secara teknis, nyeri otot tersebut disebabkan oleh gangguan ultrastruktural dari myofilaments, terutama karena kerusakan jaringan ikat otot itu sendiri. Biopsi otot yang diambil sehari setelah latihan keras sering menunjukkan perdarahan dari filamen yang mengikat serat otot tersebut. Rasa sakit kemudian dianggap sebagian besar karena kerusakan pada jaringan ikat, yang pada gilirannya meningkatkan sensitivitas nociceptors otot tersebut (reseptor nyeri), hal ini kemudian menyebabkan rasa sakit pada saat otot-otot tersebut sedang digunakan.

Hal ini juga menjelaskan mengapa setelah anda berolahraga berulang kali, anda tidak akan mengalami nyeri ini kembali. Otot-otot dengan cepat beradaptasi untuk dapat menangani kegiatan-kegiatan baru sehingga dapat menghindari kerusakan lebih lanjut ketika anda berolahraga lagi di masa depan. Ketika ini terjadi, biasanya kerusakan mikro tidak akan berkembang lagi kecuali anda mengubah latihan anda menjadi lebih berat lagi. Sebagai aturan umum, selama perubahan untuk latihan di bawah 10% dari apa yang biasanya anda lakukan, anda tidak akan mengalami nyeri otot ini sebagai hasil dari kegiatan tersebut.

Metode yang telah terbukti untuk meminimalkan nyeri otot setelah latihan adalah dengan meningkatkan aliran darah ke otot, seperti pijat, mandi air hangat, latihan intensitas rendah, duduk di sauna dan lain-lain. Anda juga dapat mengurangi nyeri otot dengan terus melakukan latihan intensitas tinggi. Para ahli masih tidak mengerti dengan persis mengapa hal ini bisa terjadi, tetapi diperkirakan ada hubungannya dengan kemampuan tubuh meningkatkan ambang toleransi terhadapa nyeri sebagai respon terhadap latihan. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa memperpanjang sesi pemanasan, sebelum berolahraga ketika otot tubuh lama tidak digunakan, juga akan membantu mengurangi nyeri ini. Atau anda dapat meningkatkan intensitas latihan secara bertahap, di bawah 10% dalam seminggu.

Dulu dianggap bahwa pendinginan setelah berolahraga akan mengurangi nyeri otot ini karena dikatakan pendinginan dapat mempercepat penghilangan asam laktat dari otot. Dengan penelitian terbaru ini, kita dapat menyimpulkan bahwa pendinginan setelah latihan sama sekali tidak akan mempengaruhi pada nyeri otot tersebut

Penyembuhan
Penyembuhan secara herbal dapat dilakukan dengan mengkosumsi sarang semut karena di dalam Sarang semut asli papua .Flavonoid yang terkandung dalam sarang semut juga berperan sebagai inhibitor enzim xanthine dan anti-oksidan. Sedangkan kandungan tokoferol mempunyai peran sebagai multi mineral dan antioksidan. Kedua senyawa tersebut memiliki khasiat untuk mengobati rasa nyeri pada otot

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.