SOLUSI PERLANCAR PEREDARAN DARAH

Didalm tubuh manusia terdapat sistem peredaran darah, Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup dan ganda. Peredaran darah tertutup artinya dalam peredarannya darah selalu mengalir di dalam pembuluh darahs sedang  Peredaran darah ganda artinya dalam satu kali beredar, darah melalui jantung sebanyak dua kali sehingga terdapat peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

Peredaran darah kecil yaitu peredaran darah yang dimulai dari jantung (bilik kanan) melaluli arteri pulmonalis menuju ke paru-paru, kemudian melalui vena pulmonalis kembali ke jantung (serambi kiri).

Peredaran darah besar yaitu peredaran darah dari jantung (bilik kiri) melalui aorta menuju ke seluruh tubuh, kemudian melalui vena cava kembali ke jantung (serambi kanan).

1. Alat Peredaran Darah yang ada pada tubuh kita

a. Jantung

Jantung merupakn organ yang sangat berperan penting dalam tubuh yaitu berperan sebagai pemompa dalam sistem peredaran darah. Dua rongga atas yang disebut dengan serambi (atrium) dan dua rongga bawah yang disebut bilik (ventrikel). Jantung memiliki tiga katup yaitu katup vena semilunair yang terletak pada pangkal aorta(arteri besar),

katup valvula bikuspidalis yang terletak antara bilik (ventrikel) kiri dan serambi (atrium) kiri, serta valvula trikuspidalis yang terletak antara bilik (ventrikel) kanan dan serambi (atrium) kanan.

Saluran yang keluar dari jantung disebut arteri. Arteri yang berhubungan langsung dengan jantung  yaitu Arteri pulmonalis dan Aorta. Arteri pulmonalismembawa darah kaya CO2 menuju paru-paru dan aorta adalah arteri terbesar yang mengalirkan darah dari jantung(bilik/ventrikel kiri) menuju ke seluruh tubuh.

Tekanan darah pada orang dewasa yang normal adalah 120/80 mmHg. Nilai 120 mmHg menunjukkan tekanan darah saat ventrikel berkontraksi disebut tekanansistol. Nilai 80 mmHg menunjukkan tekanan darah saat ventrikel relaksasi disebut tekanan diastol.

Bilik (ventrikel) kiri mempunyai lapisan yang paling tebal karena berfungsi mengedarkan arah dari jantung ke seluruh tubuh. Dan yang kedua ketebalannya adalah bilik (ventrikel) kanan karena tugasnya lebih ringan yaitu memompakan darah menuju paru-paru.

b. Pembuluh Darah

Pembuluh darah terdiri dari pembuluh darah nadi (arteri) kemudian  pembuluh balik (vena)serta Pembuluh darah kapiler

1) Arteri, Arah alirannya meninggalkan jantung. Darah dalam arteri kaya akanoksigen kecuali arteri paru-paru, letak pembuluh ini agak dalam dari permukaan kulit

2) Arteriole, merupakan pembuluh darah kecil yang menghubungkan kapiler dengan arteri.

3) 4) Venule, merupakan pembuluh darah kecil yang menghubungkan kapiler dengan vena.

.5) Vena, berfungsi untuk mengalirkan darah dari kapiler menuju jantung. Dindingnya tipis dan kurang elastis Arah aliran darah dalam vena menuju ke jantung. Darah di dalam vena kaya akan CO2 kecuali vena paru-paru. Letak pembuluh vena dekat dengan permukaan kulit,  Saluran yang menuju ke jantung disebut vena. Pada jantung terdapat tiga buah vena yang berhubungan langsung dengan jantung atrium yaitu vena cava superior, vena cava inferior dan vena pulmonalis. Vena cava superior adalah vena yang membawa darah dari organ tubuh bagian atas menuju ke jantung,vena cava inferior adalah vena yang membawa darah dari organ tubuh bagian bawah menuju ke jantung dan vena pulmonalis adalah vena yang membawa darah kaya oksigen dari paru-paru menuju ke jantung.

Kapiler, berupa saluran tipis yang memungkinkan terjadi pertukaran zat antara darah dengan sel jaringan tubuh. Pada saat darah berada di kapiler, terjadi pertukaran gas oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2). Oksigen dari darah berdifusi ke sel-sel tubuh sedangkan karbon dioksida dari selsel tubuh berdifusi ke dalam darah.

2. Darah

Darah manusia berwarna merah karena mengandung hemoglobin. Hemoglobin berfungsi untuk mengankut oksigen  dan karbondioksida.

1. Sel-Sel Darah

sel-sel darah merupakan bagian darah yang berupa padatan yang terdiri dari :

Leukosit (sel darah putih), berfungsi dalam sistem pertahanan tubuh dan kekebalan, yaitu membunuh dan memakan mikroorganisme dan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Leukosit dibentuk di sumsum tulang dan kelenjar limfa. Bentuk leukosit tidak tetap karena bersifat amoeboid, diapedesis, dan fagositosis.

Amoeboid artinya dapat bergerak bebas.

1.Eritrosit(sel darah merah), berfungsi untuk mengangkut hemoglobin yang berperan sebagai pembawa oksigen dan karbon dioksida. Bentuk eritrosit bikonkaf dan tidak berinti. Eritrosit dibentuk di sumsum merah tulang pipa dan tulang pipih, Eritrosit yang telah tua dan rusak dirombak di dalam limpa.

pembuluh kapiler.

2. Fagositosis, yaitu dapat membunuh kuman dengan cara memakannya. Jumlah leukosit normal adalah 4.000 – 10.000 per mm3 darah. Saat terjadi infeksi, jumlahnya dapat melebihi 10.000 per mm3darah yang disebut leukositosis. Jika kadar leukosit kurang dari 4.000 per mm3disebut

menderita penyakit leukopenia. Misalnya karena infeksi penyakit AIDS. Jika kadar leukosit di atas 200.000 per mm3 disebut menderita kanker darah atau leukemia.

b. Plasma bagian darah yang berupa cairan

merupakan bagian darah yang berupa cairan. Fungsinya mengangkut sari makanan ke seluruh tubuh. Selain itu di dalam plasma darah terdapat protein-protein yang mempunyai fungsi khusus. Protein dalam plasma antara lain berupaalbumin yang berfungsi untuk menjaga tekanan osmotik darah , globulin yang berfungsi membentuk antibodi, dan fibrinogen yang berfungsi untuk pembekuan darah. Bagian plasma darah yang berperan dalam sistem kekebalan disebutserum. Serum ini mengandung berbagai antibodi yang penting dalam sistem kekebalan tubuh.

3) Trombosit, berperan dalam pembekuan darah ketika terjadi luka. Trombosit dibentuk di sumsum tulang belakang dan dapat hidup selama 8 hari. Bentuknya bulat atau lonjong dan tidak berinti. Skema Pembekuan darah :

Setiap komponen darah mempunyai fungsi tertentu, sehingga fungsi darah beraneka macam, yaitu sebagai berikut :

1) Sel-sel darah merah mengangkut oksigen dari paru-paru ke jantung dan ke seluruh tubuh.

2) Plasma darah, mengangkut sari makanan dari usus ke hati kemudian ke seluruh tubuh, urea dari hati ke ginjal untuk dikeluarkan bersama urin, dan hormon dari kelenjar endokrin ke seluruh tubuh.

3) Fagositosis, yaitu menelan kuman penyakit dan zat asing yang masuk dalam tubuh.

4) Limfosit menghasilkan antibodi untuk membunuh kuman dan antitoksin untuk menetralkan racun.

5) Melakukan pembekuan darah ketika terjadi luka. Yang berperan penting adalah trombosit.

6) Menjaga kestabilan suhu tubuh, yaitu berkisar pada 37°C walaupun suhu lingkungan berubah. Darah mampu menyebarkan energi panas secara merata ke seluruh tubuh.

Kelainan Pada peredaran Darah

1. Anemia ( kekurangan Hemoglobin )
2. Serangan jantung, ditandai dengan sakit pada bagian dada , gelisah , pucat dan kulit terasa dingin.
Faktor faktor yang meningkatkan risiko terkena serangan jantung adalah tekanan darah tinggi, kadar –
kolesterol tinggi , merokok, diabetes militus ,kegemukan dan kurang olah raga.
3. Varies , yaitu pelebaran pembuluh vena terutama dibagian kaki.
– disebabkan kerusakan pada katup vena sejak lahir.
– sering terjadi karena bertambahnya beban vena akibat terlalu banyak berdiri, kehamilan.
– pelebaran vena pada bagian Anus di sebut Wasir.
4. tekanan darah rendah( hipotensi ) tekanan darah dibawah normal
Gejala : Lesu , pusing , gangguan penglihatan , Pingsan.
5.tekanan darah tinggi ( hipertensi ) tekanan darah melebihi keadaan Normal
Penyebab : Nikotin pada Rokok , faktor keturunan , stres ,kelebihan berat badan , kelebihan garam dan kurang olahraga.

Namun ada kalanya perdaran darang kita tidak lancar, hal itu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan diri kita, tidak menutup kemungkinan memicu kambuhnya penyakit yang sudah ada dengan di pengaruhi peredaran darah yang kurang maksimal,

Obat herbal sarang semut asli papua merupakan obat yang dapat memperlancar peredaran darah kita, karena Tokoferol dan flavonoid merupakan antioksidan yang tinggi yang terkandung di dalam sarang semut. Kandungan antioksidan tersebut serta multi mineral pada sarang semut mempunyai peran yang penting dalam memperlancar peredaran darah.

 

PEGAL LINU

Pegal linu sering kita mendengar istilah pegal linu, entah dari kan sekantor atau kita sendiri yang merasakan, bagi pekerja berat, pembisnis online yang tiap hari harus di depan computer , akan sering atau rentan terkena pegal linu,itulah salah satu keluhan yang paling sering kita dengar dari orang- orang.Setiap orang,pasti pernah mengalami yang namanya pegal linu,entah itu karena kurang tidur,aktifitas fisik seperti terlalu lama di depan komputer atau faktor lainnya,dan itu sangat mengangu aktifitas kita sehari-hari

Pegal Linu adalah masalah kesehatan yang biasa terjadi pada setiap orang. Rasa pegal linu di tubuh ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Ternyata pegal linu bisa disebabkan oleh masalah ringan hingga masalah medis tertentu.

Rasa Pegal linu sering menyerang daerah leher, pundak, dan lengan. Pegal linu timbul karena otot meregang. Pegal linu dapat disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan secara tidak benar, seperti duduk dengan posisi yang salah dalam waktu lama, mengangkat beban terlalu berat, atau kurang olahraga. Ketegangan emosi juga dapat memicu timbulnya pegal linu.rasa pegal dan linu di tubuh ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Ternyata pegal linu bisa disebabkan oleh masalah ringan hingga masalah medis tertentu.

Rasa tak nyaman ini biasanya dipicu jika seseorang duduk dalam jangka waktu lama terutama pada pekerja yang diharuskan duduk berjam-jam di belakang meja, mengangkat beban terlalu berat, kurang olahraga, salah posisi tubuh dalam melakukan aktivitas fisik, melukis berjam-jam atau akibat ketegangan emosi, seperti dikutip dari wholehealthchicago, Senin (221/3/2011).

Nyeri di otot yang dipicu oleh kelelahan dipercaya akibat kerusakan mikroskopis di dalam otot (microscopic tears) yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari.

Penyebab timbulnya pegal, linu dan nyeri dibagian kaki, tangan, pinggang, kepala, dan lainnya, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Biasanya kondisi itu ada dikarenakan kurangnya relaksasi pada otot. Dampaknya pada tubuhpun bisa lebih parah. seperti tidak nafsu makan, tubuh tidak bergairah melakukan aktivitas apapun, atau terserang penyakit lain yang lebih parah.

Oleh karenanya, jangan pernah anggap masalah ini sepele dan segeralah atasi. Berikut ini penyebab rasa pegal, linu dan nyeri di badan saat beraktivitas dan cara mengatasinya :

  1. Kurang tidur atau tidur terlalu larut

Ini bisa menyebabkan leher anda terasa tegang dan kaku. Usahakan tidur tidak terlalu malam. Jumlah waktu tidur yang direkomendasikan untuk pria dan wanita diusia produktif adalah 8 jam sehari.

  1. 2. Terlalu lama duduk

Biasanya saat kita sedang dalam perjalanan panjang atau berada didepan komputer dalam waktu yang lama, kaki dan pinggang akan mudah terasa pegal dan nyeri. Ini dikarenakan pinggul harus menahan tubuh bagian atas dan kaki berada dalam posisi sama terlalu lama. Usahakan mengubah posisi duduk anda dengan menyandarkan tubuh, meluruskan kaki, atau sesekali berdiri dan berjalan untuk mengambil sesuatu.

  1. Membawa beban terlalu berat

Usahakan saat anda pergi kekantor, jangan memasukkan semua barang bawaan anda dalam satu tas (termasuk laptop). Taruhlah laptop ditas terpisah, agar beban tidak bertumpu pada satu lengan saja

  1. Tidur dengan posisi bantal sangat tinggi

Posisi tidur dengan bantal yang tinggi dan posisi tidur yang salah juga dapat menyebabkan leher terasa pegal dan kaku karena darah yang mengalir ke kepala tidak lancar.

  1. Terlalu sering melakukan aktivitas yang berulang dengan tangan

Aktivitas ini misalnya mengetik, dampaknya akan membuat tangan menjadi kaku dan kesemutan. Biasanya terjadi pada ibu rumah tangga yang juga bekerja. Setelah lelah mengurus pekerjaan dikantor (mengetik dan lain-lain), saat kembali kerumah mereka diperhadapkan dengan pekerjaan rumah tangga (mencuci, mengepel, dan mencuci piring).

  1. Terlalu lama berada di ruangan ber-AC

Udara lembab di ruangan tertutup tidak baik untuk kesehatan dan bisa menjadi penyebab munculnya rasa lelah dan pegal-pegal ditubuh. Sempatkan untuk keluar sebentar ke tempat yang terkena sinar matahari, ini penting untuk kesehatan.

  1. Kurang olahraga

Kurangnya olahraga bisa membuat otot nyeri dan pegal karena kurangnya relaksasi otot pada tubuh. Olahraga yang berlebihan terrnyata juga tidak baik bagi tubuh, karena otot dipaksa menanggung beban berlebihan.

  1. Cuaca pancaroba

Pergantian udara dari panas ke dingin atau sebaliknya seperti sekarang ini bisa sangat mengganggu kesehatan, karena udara yang tidak konsisten itu bisa mempengaruhi sirkulasi darah dan dapat menimbulkan sakit kepala sebelah atau diseluruh kepala.

Rasa pegal linu di tubuh ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan mengganggu aktifitasnya sehari-hari. Ternyata pegal linu bisa disebabkan oleh masalah ringan hingga masalah medis tertentu. Penyakit yang satu ini memang sangat umum sekali diderita oleh masyarakat dunia terutama di negara indonesia yang memang kebanyakan dari masyarakatnya adalah para pekerja keras yang dapat mengakibatkan Penyakit Pegal Linu timbul. Penyebab yang dapat mengakibatkan tubuh anda terkena oleh Penyakit Pegal Linu ini memang sangat beragam sekali , misalnya dengan :

  1. Melakukan peregangan dan pemijatan untuk membuat otot rileksMengonsumsi cairan yang cukup
  2. Memperbaiki postur tubuh yang salah dalam melakukan aktivitas atau duduk.

Sedangkan pegal linu di tubuh yang disertai rasa nyeri kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  1. Adanya penumpukan asam laktat di otot
  2. Ketidakseimbangan mineral (kalsium, kalium, magnesium dan natrium) yang mengontrol antara kontraksi dan relaksasi
  3. Pengobatan tertentu yang bersifat diuretic
  4. Kurangnya fleksibilitas tubuh
  5. Salah posisi tubuh saat mengangkat beban atau duduk yang mengganggu otot atau sendi di tubuh

Ada kemungkinan akibat dehidrasiBiasanya jika tidak ada kondisi medis yang menyertai, pegal linuakan sembuh dalam waktu beberapa hari dengan cara :

  1. Beristirahat yang cukup
  2. Melakukan peregangan dan pemijatan untuk membuat otot rileks
  3. Mengonsumsi cairan yang cukup/air putih
  4. Memperbaiki postur tubuh yang salah dalam melakukan aktivitas atau duduk.
  5. usahakan tempat duduk yang nyaman

Kami juga menyarankan mengkonsumsi Sarang Semut Papua karena Flavonoid yang terkandung dalam sarang semut juga berperan sebagai inhibitor enzim xanthine dan anti-oksidan. Sedangkan kandungan tokoferol mempunyai peran sebagai multi mineral dan antioksidan. Kedua senyawa tersebut memiliki khasiat untuk mengobati rasa encok dan rematik.

 

Incoming search terms: