sekilas tentang sarang semut asli papua

sekilas tentang sarang semut asli papua

tahukah anda, apa itu sarang semut ? mungkin saja, anda memikirkan sarang semut dengan harfiah saat mendengar arti ini. tetapi, bukan hanya itu maksud arti ini.

582152_352743761461759_61475195_n

pengantar-sarang-semut sarang semut merupakan tanaman obat asal papua yang amat bermanfaat untuk mengobati beragam jenis penyakit dengan alami serta aman.

kenapa diberi nama sarang semut ? dikarenakan dalam umbi tanaman tersebut, ada koloni semut yang bersimbiosis dengan tanaman tersebut serta membuahkan senyawa aktif yang bisa digunakan untuk penyembuhan bermacam penyakit.

dr rosichon ubaidillah, pakar semut puslitbang biologi lipi. rosichon yang sering keluar-masuk rimba wamena berpendapat bahwa manfaat sarang semut barangkali datang dari saliva atau kelenjar liur semut serta mikroba yang berasosiasi dengan semut yang tinggal didalam tanaman tersebut.

pakar gizi dr. mien karmini yang pernah lakukan eksplorasi di papua pada tahun 1995 mendapatkan bahwa sarang semut ini kerap dipakai sebagai campuran bubur serta minuman sehari-hari oleh masyarakat setempat serta diakui bisa menambah imunitas tubuh serta berikan daya.

fakta bahwa pemakaian sarang semut ini sudah dipakai sebagai tumbuhan obat sepanjang turun-menurun oleh masyarakat pedalaman sisi barat wamena, papua, tunjukkan bahwa sarang semut memanglah mempunyai faedah dalam dunia kesehatan.

hasil penelitian tunjukkan bahwa zat-zat aktif layaknya antioksidan, polifenol, serta glikosida yang terdapat dalam sarang semut memanglah diketahui dapat mengontrol bermacam penyakit berat dengan menambah sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

manfaat antioksidan dalam sarang semut terlebih bertindak dalam perihal ini : membuat perlindungan beberapa sel tubuh supaya bisa menggerakkan pekerjaan dengan baik. saat sel bekerja dengan baik, penyakit yang mengganggu manfaat sel layaknya kanker lalu bisa dicegah. demikianlah rangkuman dr mangestuti agil apt ms, dosen fakultas farmasi kampus airlangga surabaya.

sarang semut tanaman non-endemik

sarang semut saat ini jadi obat baru untuk menangani bermacam penyakit maut. beberapa produsen beroleh sarang semut dengan berburu di hutan-hutan papua.

sebenarnya, sarang semut tidak cuma ada di papua. cuma, memanglah di pulau terbesar itu, keragaman sarang semut memanglah tinggi. ada 10 varietas sarang semut yang ada di sana. tak hanya myrmecodia pendans yang telah dapat dibuktikan bermanfaat dengan empiris, di sana juga ada m. jobiensis, m. erinacea, serta m. alata.

budi daya sarang semut

bagaimana sarang semut dibudidayakan ? menurut heny jd latupapua, peneliti kebun biologi wamena, sarang semut sangat mungkin untuk dibudidayakan karena tumbuhan itu berbunga, berbuah, serta berbiji.

perihal seirama juga dikemukakan dr tukirin partomiharjo dari pusat penelitian serta pengembangan biologi yang juga sering mengeksplorasi sarang semut.

di australia, sarang semut juga dikembangkan dengan teknologi kultur jaringan. pengembangbiakan massal melewati kultur jaringan tak lagi merubah kandungan senyawa aktif sesuatu tanaman.syaratnya, budi daya mesti dikondisikan ( suhu, iklim, intensitas sinar, nutrisi ) layaknya habitat aslinya. dengan pengembangan itu, sudah pasti perburuan sarang semut di rimba bisa dibatasi. oleh karena itu, anda yang berminat rasakan manfaat tanaman ini serta menyukai alam, anda tak perlu cemas dapat ketersediaan tanaman ini.penelitian mengenai sarang semut tetap terus dikerjakan sekarang ini mengingat potensi sarang semut sebagai sumber baru obat. serta sekarang ini, beberapa orang yang mengidamkan kesehatan yang sempurna memilih sarang semut sebagai jalur penyembuhan seraya timbulnya pemberitaan yang makin gencar berkenaan dengan hasil penelitian mengenai manfaat mengagumkan dari tanaman ini.

( dari beragam sumber, sumber utama : buku gempur penyakit dengan sarang semut penulis dr. ir. ahkam subroto, hendro saputro ).